Masalah Kesehatan Pria Dapat Dilihat dari Keringatnya

Doktersehat.com – Setiap manusia pasti mengeluarkan keringat baik karena faktor suhu udara yang panas ataupun karena aktivitas yang dilakukannya. Keluarnya keringat dari tubuh menandakan bahwa tubuh sedang beradaptasi dengan lingkungan atau aktivitas yang sedang dilakukan. Keringat berfungsi mengeluarkan racun dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Oleh karena itu, keringat  harus keluar secara normal dan lancar.



Pada dasarnya pria memproduksi keringat empat kali lebih banyak dibandingkan wanita. Namun, waspadalah jika terjadi ketidakberesan pada keringat Anda, seperti gejala berikut:

1. Keringat bau busuk

Waspadalah jika Anda sedang melakukan diet karbohidrat tingkat rendah . Diet ini menyebabkan tubuh memecah protein dan lemak sehingga  menghasilkan aseton yang dapat menyebabkan keringat bau amonia.

2. Keringat berlebihan

Sebaiknya kurangi minum kopi karena kandungan kafein dalam kopi dapat memperburuk bau badan Anda. Hal ini disebabkan kafein merangsang kelenjar keringat di bawah lengan, kulit kepala, dan pangkal paha. Semakin banyak kafein dikonsumsi, maka semakin banyak produksi keringat. Jumlah keringat yang keluar secara berlebihan menunjukkan bahwa ada ketidakberesan dalam tubuh. Ada beberapa penyakit serius yang bisa tersembunyi di balik derasnya keringat, seperti hiperhidrosis, hipertensi, diabetes, kelenjar gondok bahkan tumor.

3. Keringat membekaskan noda kuning

Kandungan utama dalam keringat adalah garam, yang menyebabkan rasa asin. Warna kuning dapat terjadi akibat keringat mengandung berbagai bahan sisa metabolisme yang melekat di pakaian. Apalagi jika menggunakan deodoran. Kombinasi antara bahan kimia dalam deodoran dapat bereaksi dengan keringat yang mengandung zat-zat sisa, sehingga menimbulkan warna kuning pada pakaian.

4. Tidak berkeringat

Anda patut waspada apabila tidak berkeringat setelah melakukan olahraga. Ini bisa saja menjadi per tanda bahwa kondisi tubuh Anda berada pada tingkat kesehatan yang rendah. Orang yang jarang berkeringat juga rentan mengalami asma. Hal ini karena memiliki saluran napas lebih kering.

Baca Juga:  Tips Agar Badan Selalu Sehat Dan Bugar

Dari berbagai sumber