Masalah Kesehatan Ini Sering Terjadi Saat Ibu Hamil Memasuki Trimester Terakhir

DokterSehat.Com – Saat ibu hamil sudah memasuki trimester ketiga kehamilan, maka Ia pun akan mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi proses persalinan yang akan segera tiba. Pada fase ini, ibu hamil biasanya sudah memiliki bentuk tubuh khas ibu hamil; yakni perut yang sudah berukuran besar dan berat badan yang bertambah. Sayangnya, perubahan bentuk tubuh ini juga akan membuat ibu hamil mengalami ketidaknyamanan pada tubuh, baik itu saat melakukan berbagai aktifitas hingga saat ingin beristirahat. Alhasil, Ia pun akan cenderung sering mengalami kelelahan. Selain itu, ibu hamil yang memasuki trimester ketiga juga akan cenderung mengalami masalah-masalah kesehatan berikut.

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Sering buang air kecil
Pakar kesehatan menyebutkan jika semakin tua usia kehamilan, semakin banyak pula tubuh memproduksi urine. Hal ini tentu akan membuat ibu hamil akan cukup sering buang air kecil. Hal ini bahkan bisa terjadi saat tidur malam sehingga ibu hamil akan kerap terbangun demi buang air kecil. Untuk mengurangi keinginan buang air kecil ini karena bisa mengganggu waktu beristirahat, ada baiknya ibu hamil mengurangi asupan minuman yang mengandung kafein.

Susah bernafas
Banyak ibu hamil yang mengeluhkan nafasnya menjadi terasa lebih sesak saat memasuki trimester ketiga kehamilan. Semakin membesarnya uterus ternyata berimbas pada paru-paru yang tidak mengembang dengan sempurna. Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil mengikuti yoga atau meditasi yang bisa membuatnya lebih baik dalam melatih pernafasan. Selain akan membuat pernafasan menjadi lebih baik, latihan pernafasan ini juga akan sangat baik sebagai persiapan proses persalinan.

Heartburn
Heartburn bisa dijelaskan sebagai nyeri yang muncul pada perut bagian atas. Kondisi kehamilan membuat rahim ikut mendorong organ lambung sehingga asam lambung pun dengan mudah mencapai ujung kerongkongan kita dan memicu rasa tidak nyaman dan sensasi terbakar. Masalah ini seringkali terjadi saat ibu hamil selesai makan besar.

Baca Juga:  Setidaknya Ada 4.000 Ibu yang Meninggal saat Melahirkan di Indonesia Setiap Tahunnya

Sakit punggung
Ukuran perut yang membesar dan beban tubuh yang semakin berat tentu akan menambah kinerja punggung kita dan bisa memicu sakit punggung. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa memakai tambahan bantal yang ditempatkan pada punggung dan perut saat tidur sehingga Ia pun akan merasakan istirahat yang jauh lebih nyaman.