Masalah Kesehatan Gigi Pada Anak

DokterSehat.Com – Masalah gigi merupakan masalah yang sangat rawan didapatkan untuk usia anak-anak apalagi pada masa pertumbuhannya. Janganlah anda menganggap remeh masalah gigi tersebut, sebab hal itu bisa mengganggu tumbuh kembang anak anda.

15

Oleh karena itu anda sebaiknya mengetahui jenis masalah gigi pada anak anda :

  • Debris
    Kalau kamu sering makan makanan manis dan lengket seperti gulali, cokelat, dodol, permen dll dan tidak segera gosok gigi, sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi itu akan jadi debris yang bikin gigimu berlubang dan radang gusi.
  • Plak pada gigi
    Apa sih plak gigi itu? Itu lho, lapisan tipis pada permukaan gigi yang tidak berwarna, melekat pada permukaan gigi, yang terdiri dari sisa-sisa makanan yang halus dan kuman-kuman. Plak bisa bikin gigi berlubang, radang gusi, dan bau mulut
  • Gigi berlubang (karies gigi)
    Kenapa gigi berlubang? Karena ada kerusakan pada lapisan luar gigi (email) yang disebabkan kuman dan sisa makanan menempel lama. Kalo gigimu berlubang, kamu jadi sulit bicara dan mengunyah, bahkan kalo nggak segera diobati nich, gigimu bisa keropos dan hilang.
  • Radang gusi (penyakit penyangga gigi)
    Radang gusi itu, terjadi kalo kamu kurang menjaga kebersihan gigi sehingga gusimu jadi merah meradang dan bengkak, akibatnya kamu sulit bicara dan mengunyah. Kalo dibiarkan, makin bengkak dan nyeri.
  • Karang gigi
    Tahu tidak, kalau plak dibiarkan terlalu lama, akan mengeras dan menempel di permukaan gigi seperti batu karang. Karang gigi itu bisa bikin gigi berlubang, radang gusi, dan bau mulut.