ADHD Pada Dewasa – Masalah Kehidupan dan Cara Mengatasi

Penyakit ADHD dapat menyebabkan beberapa masalah kehidupan pada penderitanya, berikut beberapa masalah tersebut dan cara mengatasinya.

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Masalah Pekerjaan
Memiliki pekerjaan tetap bisa jadi sulit bagi orang-orang dengan ADHD. Mereka sering mengalami kesulitan menyelesaikan tugas dan mengikuti petunjuk, tetap terorganisir, dan membuat tenggat waktu. Mereka juga rentan terhadap keterlambatan dan kesalahan ceroboh. Dalam satu survei nasional, hanya setengah dari orang dewasa dengan ADHD yang bekerja penuh waktu, dibandingkan dengan 72% dari orang dewasa tanpa gangguan. Orang dengan ADHD juga cenderung untuk mendapatkan hasil yang kurang dari rekan-rekan mereka.

Tidak ada banyak penelitian tentang karir di mana orang-orang dengan ADHD cenderung berkembang. Tapi ahli ADHD Russell A. Barkely, MD, mengatakan pasiennya telah unggul dalam penjualan, akting, militer, fotografi, pembinaan atletik, dan banyak profesi perdagangan. Seseorang dengan ADHD dapat mengejar hampir semua karir yang menarik bagi mereka.

Orang dengan ADHD mungkin dapat meningkatkan kinerja pekerjaan mereka dengan pembinaan atau mentoring. Mentor akan membantu dengan keterampilan organisasi, seperti mencatat, menjaga seorang perencana harian dan memprioritaskan apa yang perlu dilakukan. Sebuah ruang kerja yang tenang dengan sedikit gangguan dapat membantu. ADHD adalah suatu disabilitas di Amerika. Ini berarti pengusaha harus membuat penyesuaian untuk mendukung kebutuhan pekerja.

Kehidupan Pernikahan
ADHD dapat mengambil kebagaiaan pernikahan dan hubungan lainnya. Kondisi ini membuat sulit untuk mengingat komitmen sosial, ulang tahun, atau hari peringatan, menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, dan membayar tagihan tepat waktu. Orang dewasa dengan ADHD mungkin kehilangan emosi mereka dengan mudah atau terlibat dalam perilaku sembrono. Hal ini menyebabkan tingkat kemungkinan yang lebih tinggi dari pemisahan dan perceraian.

Baca Juga:  Jantung Bocor - Pengertian

Pelatihan hidup untuk ADHD
Seperti memiliki mentor di tempat kerja, beberapa orang dengan ADHD memiliki pelatih untuk kehidupan sehari-hari. Pelatihan pada umumnya merupakan bantuan konseling psikologis formal. Mentor membantu pasien menempatkan keterampilan yang baru dipelajari dalam praktek dalam situasi kehidupan nyata, apakah mengatur rumah tangga atau merencanakan perjalanan.

Keterampilan organisasi untuk ADHD
Aplikasi “organizer” yang ada pada smartphone dapat sangat berguna bagi orang-orang dengan ADHD. Gunakan aplikasi untuk membuat baru daftar apa yang perlu dilakukan (to-do-list) setiap malam, dan selalu bersama ponsel. Menyimpan daftar terorganisir dengan menggunakan empat kategori: panggilan, email, tugas, dan jadwal temu orang. Aplikasi lain dapat membantu Anda menjaga jadwal Anda tetap terupdate, sehingga Anda tidak akan melewatkan peristiwa penting.