Masalah Karang Gigi Bisa Menyebabkan Susah Tidur

DokterSehat.Com – Apakah anda sesekali mengalami masalah susah tidur meskipun tubuh sudah merasa sangat lelah dan sudah sangat mengantuk? Banyak sekali faktor yang menyebabkan kita susah sekali tidur. Di zaman modern sekarang ini, stress yang disebabkan oleh rutinitas harian dan berbagai tekanan hidup bisa menjadi penyebab utama mengapa orang menjadi susah untuk tidur. Jika anda masih belum mengalami insomnia dan hanya sesekali mengalami susah tidur, bisa jadi masalah ini disebabkan oleh gangguan di gigi anda. Ya, jika di gigi anda terdapat karang gigi, bisa jadi anda mengalami susah tidur.



Tidur sendiri adalah sebuah aktifitas yang sangat mudah untuk dilakukan, apalagi jika tubuh sudah membutuhkan istirahat. Otak dalam kondisi normal tentu akan dengan mudah membuat kita tertidur, namun, kondisi kesehatan layaknya masalah di mulut dan gigi bisa membuat tubuh menjadi tidak rileks dan kita bisa terjaga semalamam meskipun sudah berusaha memejamkan mata.

Sebuah studi yang dilakukan di India mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki masalah dengan gigi dan mulut ternyata mengalami penurunan kualitas tidur secara signifikan. Masalah gigi yang bisa mengurangi kualitas tidur ini sendiri bisa dibagi menjadi dua kelompok; yakni peradangan gusi atau gingivitis, dan juga periodentitis atau peradangan pada jaringan periodental. Mereka yang mengalami masalah pada jaringan periodental ternyata mengalami masalah terbesar dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik, sementara itu, penderita gingivitis masih dalam tahap mengalami masalah susah tidur dengan kualitas sedang.

Peradangan periodentitis dan juga gingivitis ini bisa memicu terjadinya gangguan pada hormon dan sistem pertahanan tubuh yang berimbas pada menurunnya kemampuan tubuh mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sebaliknya, jika tubuh kurang mendapatkan istirahat yang cukup, maka peradangan pada area gigi dan gusi bisa jadi malah semakin memburuk. Melihat hal ini, jika anda memiliki masalah dengan karang gigi, maka ada baiknya anda segera memeriksakan ke dokter untuk diatasi. Kita juga harus rajin-rajin merawat kondisi gigi dan mulut agar tubuh pun tetap terjaga kebugarannya.