Masalah Insomnia Bisa Diatasi Dengan Aerobik

DokterSehat.Com – Jika kita membahas tentang olahraga aerobik, maka hal pertama yang akan kita pikirkan adalah olahraga ini memiliki intensitas yang cukup tinggi dan akan sangat baik bagi kesehatan jantung. Dalam realitanya, aerobik ternyata bisa memberikan dampak kesehatan lainnya pada tubuh, salah satunya adalah dengan mengatasi masalah insomnia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika kini semakin banyak orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Jika kita mengalaminya, kita pun akan merasakan tubuh yang selau lelah sepanjang hari dan ditakutkan memiliki resiko tinggi terkena berbagai macam penyakit berbahaya. Untuk mengatasi masalah insomnia ini, maka kita bisa melakukan terapi atau bahkan melakukan kegiatan olahraga. Memang, tidak semua olahraga bisa meredakan masalah insomnia, namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Sau Paulo, Brasil, menyebutkan jika aerobik ternyata termasuk dalam jenis olahraga yang akan sangat baik dalam meredakan masalah insomnia.

Dalam penelitian yang memang mempelajari kaitan antara olahraga aerobik dengan masalah insomnia, pakar kesehatan menyebutkan jika aerobik bisa sangat efektif meredakan masalah insomnia bagi banyak orang. Dengan melakukan aerobik secara rutin, meskipun olahraga aerobik ini memiliki tingkat kompleksitas yang paling rendah sekalipun, ternyata bisa secara efektif meningkatkan kualitas tidur hingga 54 persen. Dalam beberapa kasus, waktu tidur penderita insomnia bahkan bisa meningkat hingga 21 persen dan kenyenyakan tidur pun akan semakin membaik hingga 18 persen.

Selain dalam hal kualitas tidur, aerobik ternyata juga bisa menurunkan berbagai gejala kecemasan, salah satu penyebab insomnia yang paling umum terjadi. Dengan rutin melakukan aerobik, maka kinerja jantung pun akan menjadi lebih baik sekaligus bisa membuat emosi-emosi positif semakin menguasai tubuh dan menurunkan berbagai pikiran negatif. Jadi, apakah anda tertarik untuk meningkatkan kualitas tidur dengan melakukan aerobik?