Masalah Haid yang Sebaiknya Diwaspadai Kaum Hawa

DokterSehat.Com – Datang bulan atau haid adalah hal yang ditunggu-tunggu kaum hawa setiap bulannya. Bagaimana tidak, dengan datang bulan yang datang dengan lancar, maka hal ini akan menandakan bahwa kondisi kesehatan wanita sedang baik-baik saja. Sayangnya, haid ternyata bisa datang dengan membawa beberapa masalah layaknya rasa nyeri pada perut yang luar biasa. Meskipun terlihat normal, ada baiknya kita mewaspadai beberapa masalah haid seperti sebagai berikut.

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Darah yang terus mengucur
Kadangkala darah yang keluar saat haid sangatlah banyak sehingga kita harus sering-sering mengganti pembalut. Jika hal ini terjadi, segeralah periksakan kondisi ini ke dokter karena dikhawatirkan hal ini membuat kita kehilangan banyak darah yang bisa memicu pusing-pusing atau bahkan jatuh pingsan.

Tetap keluar darah meskipun fase haid sudah berakhir
Setelah fase haid berhenti, seharusnya darah akan juga ikut berhenti mengucur. Namun, ada beberapa kasus dimana darah tetap mengalir setelah fase haid berakhir yang biasanya terjadi andai kita baru saja mengkonsumsi pil KB. Namun, jika anda tidak menggunakan pil KB sama sekali dan mengalami hal ini, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya polip pada dinding rahim yang tentu bisa berbahaya. Tak hanya itu, ada pula resiko dysplasia abnormal pada dinding Rahim yang bisa berlanjut menjadi kanker serviks. Ada baiknya kita segera memeriksakan hal ini ke dokter demi penanganan medis yang tepat.

Nyeri haid yang luar biasa
Nyeri haid biasanya bisa diatasi dengan ramuan khusus atau obat pereda nyeri. Namun, jika nyeri ini terus berlanjut meskipun kita sudah mengkonsumsi ramuan atau obat ini, bisa jadi ini adalah tanda adanya endometriosis yang sangat berbahaya dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Baca Juga:  Dampak Buruk Melewatkan Sarapan

Demam
Beberapa wanita melaporkan haid disertai dengan munculnya demam. Kondisi ini seringkali terjadi karena adanya radang panggul yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter karena cukup berbahaya bagi kesehatan.