Masalah Cantengan Pada Jempol Kaki

DokterSehat.Com – Cantengan adalah masalah pada kuku kaki yang pernah dirasakan sebagian besar masyarakat. Cantengan sendiri sering dianggap sebagai masalah kuku pada jempol kaki yang bertambah ke arah samping sangatlah menyiksa karena bisa membuat rasa sakit hingga ke ubun-ubun. Cantengan sendiri disebut sebagai ingrown toenail dimana kuku justru bertambah ke arah samping, bukannya ke depan sebagai mana pertumbuhan kuku yang normal. Rasa sakit yang disebabkan oleh anomali pertumbuhan kuku kaki ini dikarenakan kuku menancap ke bagian dagin jempol atau kuku kaki lainnya sehingga terjadilah radang atai infeksi.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu

Biasanya, masalah cantengan ini disebabkan karena adanya trauma yang disebabkan oleh pemotongan kuku yang terlalu pendek, yakni yang sangat mepet dengan batas antara kuku dan kulit yang sensitif. Jaringan kulit yang sensitif dan lunak ini kemudian membuat kuku menjadi lebih tebal dan justru bergerak ke arah yang tidak beraturan, khususnya ke arah samping dan menjadi cantengan. Jika cantengan sudah cukup parah, maka jempol kaki atau jari kaki lainnya bisa mengalami pembengkakan, kemerahan, atau bahkan bernanah. Jika tidak segera diobati, kelenjar limfa di area lipatan paha bisa terasa sakit dan bahkan membuat seluruh tubuh menjadi demam.

Untuk mengatasi cantengan, kita bisa merendam kaki dengan air garam dalam kondisi hangat selama seperempat jam setidaknya dua hingga tiga kali sehari agar rasa nyeri dan bengkak lebih berkurang. Kita juga bisa mengoleskan cream antibiotik yang disediakan di apotik untuk mengatasi cantengan. Namun, jika trik sederhana ini tidak mengurangi masalah cantengan dan justru semakin bernanah dan membengkak, maka kita harus memeriksakan masalah cantengan ini ke dokter.

 Saat cantengan sudah semakin parah, opsi mengangkat kuku atau setidaknya membuang sebagian kuku, khususnya yang menancap pada daging jempol kaki pun bisa diambil sehingga bengkak dan penanahan bisa terobati. Namun, kuku juga bisa dicabut secara keseluruhan sehingga nantinya kuku baru bisa tumbuh dengan lebih baik dan masalah cantengan ini pun bisa diobati.