Masalah Baru Yang Dihasilkan Oleh Infeksi Virus Zika: Kerusakan Pada Mata

DokterSehat.Com – Virus zika telah membuat hampir semua negara di dunia menekan tombol waspada dan mempersiapkan diri agar penyebaran virus ini tidak berkembang menjadi lebih jauh. Masyarakat yang berada di negara Amerika Latin bahkan sudah diwanti-wanti agar berpikir ulang untuk mendapatkan kehamilan sehingga infeksi virus zika yang bisa menyebabkan kelahiran bayi yang mengalami masalah microsefali bisa ditekan. Mikrosefali sendiri adalah kondisi dimana bayi yang baru saja dilahirkan mengalami ukuran kepala dan ukuran otak yang lebih kecil dari ukuran normal. Sayangnya, selain masalah mikrosefali, kini bayi yang terinfeksi virus zika juga beresiko mengalami kerusakan pada penglihatannya.

doktersehat-kanker-orak-tumor-jinak

Sebuah laporan yang dirilis dalam jurnal JAMA Opthalmology pada tanggal 9 Februari 2016 kemarin menunjukkan fakta mengejutkan bahwa 10 bayi dari 29 bayi yang baru lahir di Rumah Sakit Roberto Santos di kota Salvador, Brazil, negara yang memiliki tingkat infeksi virus Zika cukup tinggi, mengalami kerusakan pada retina matanya. Dari 10 bayi yang mengalami kerusakan mata, 7 bayi mengalami kerusakan pada kedua bola matanya sementara sisanya mengalami masalah pada satu sisi mata saja. Bayi yang mengalami kerusakan mata ini diduga ikut terinfeksi virus zika dan memiliki pigmen-pigmen berwarna hitam pada bagian belakang mata yang menunjukkan kerusakan pada jaringan retina atau lapisan pembuluh darah pada area bawah retina. Adanya kerusakan pada mata ini tentu saja akan membuat resiko sang bayi mengalami gangguan penglihatan cukup tinggi.

Pakar kesehatan bernama dr. Ruben Belfort Jr menjelaskan bahwa kerusakan pada mata bayi-bayi terebut adalah kerusakan permanen yang hampir mustahil untuk diperbaiki dan membuat bayi tersebut beresiko mengalami kebutaan. Dengan adanya kasus ini, Centers for Disease Control and Prevention atau CDC kini menyerukan bahwa ibu-ibu yang memiliki bayi di negara-negara yang memiliki kasus infeksi virus zika kini harus rajin-rajin memeriksakan kesehatan mata sang buah hati, khususnya pada masa satu bulan setelah melahirkan. Dengan adanya pemeriksaan ini, maka gangguan pada mata bayi pun diharapkan bisa dapat segera ditangani dengan lebih baik oleh para pakar kesehatan dan resiko mendapatkan gangguan penglihatan di masa depan pun bisa ditekan.