Masa Sih Memakai Bra Bisa Bikin Payudara Kendor?

DokterSehat.Com – Bentuk payudara indah dan kencang menjadi salah satu kebanggaan wanita. Untuk tampilan menarik dengan bentuk payudara sempurna, banyak wanita menggunakan jenis bra tertentu. Tapi tahukah para wanita bahwa bisa jadi bra buruk bagi payudara?



Menurut sebuah studi awal yang dilakukan di Prancis sejak beberapa waktu lalu, bra bisa membuat payudara lebih kendur, karena penggunaan bra bisa menghambat perkembangan jaringan yang menyangga payudara.

Jean-Denis Rouillon, spesialis obat-obatan olahraga dari Centre Hospitalier Universitaire di Besancon, memulai penelitian ini pada 1997. Dia meneliti 330 payudara wanita usia 18 hingga 35 tahun dan merekam perubahan posisi payudara seiring dengan bertambahnya usia para partisipan.

Rouillon mengatakan, Secara medis, fisiologis, dan anatomi, payudara tidak mendapat manfaat dari tindakan melawan gravitasi. Sebaliknya, mereka menjadi lebih kendur dengan bra.

Meski demikian, Rouillon juga menjelaskan bahwa wanita paruh baya tidak akan mendapat manfaat apa pun jika berhenti menggunakan bra saat ini (kecuali mungkin merasa lebih nyaman dan bebas), karena hal itu akan akan mendatangkan banyak perbedaan. Namun, wanita muda mungkin akan merasakan manfaat setelah beberapa waktu tak mengenakan bra, seperti dilansir dari laman Goodhousekeeping, Selasa (21/7/2015).

BACA JUGA : Sering Berpikir Negatif Bisa Menimbulkan Sakit