Mar’ie Muhammad Meninggal Dunia Karena Pneumonia

DokterSehat.Com – Tokoh ekonomi nasional yang pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia pada jaman kepemimpinan Presiden Soeharto, Mar’ie Muhammad, diketahui menghembuskan nafasnya yang terakhir pada hari Minggu, 11 Desember 2016, dini hari tadi. Disamping karena usianya yang sudah cukup lanjut, yakni 77 tahun, pria yang memiliki julukan Mr. Clean karena dikenal sangat jujur ini diketahui meninggal dunia kaerena mengidap pneumonia atau peradangan pada paru-paru.

doktersehat-paru-paru-Asbestosis-Fibrosis-paru-kanker-pneumonia

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, Mar’ie Muhammad dikabarkan sempat dirawat selama satu bulan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional. Tak hanya dirawat karena pneumonia yang dideritanya, beliau juga dikabarkan sempat mengalami kelumpuhan.

Sebagai informasi, pneumonia atau radang paru-paru memang dikenal sangat berbahaya. Infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh penyakit ini dikenal sangat mematikan dan bisa menyerang anak-anak, para lansia, atau mereka yang memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuh. Orang dengan usia lebih dari 65 tahun memang cukup rentan terkena penyakit ini, dan andai penderitanya juga memiliki penyakit kronis lain, maka resiko kematian pun semakin meningkat.

Pakar kesehatan menyebutkan jika 5 hingga 10 persen penderita radang paru-paru ini akan meninggal setelah satu bulan terinfeksi bakteri atau virus pemicu pneumonia layaknya Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumonia, Haemophilus influenza, dan juga Legionella pneumophila. Bakteri atau virus tersebut bahkan bisa memasuki aliran darah dan memicu masalah pada berbagai organ tubuh lain layaknya penyakit meningitis pada otak. Satu hal yang pasti, pneumonia akan memicu paru-paru atau area dada bisa penuh dengan cairan sehingga proses pernafasan penderitanya akan terganggu.

Apakah ada cara agar kita bisa mencegah munculnya pneumonia? Pakar kesehatan menyebutkan jika hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menghindari rokok dan konsumsi minuman beralkohol. Selain itu, pastikan untuk selalu menjalani gaya hidup bersih dan rutin mencuci tangan dengan sabun.