Mantan Pemain Manchester United Ini Meninggal Karena Kanker Pankreas

DokterSehat.Com– Liam Miller, pemain sepakbola yang pernah membela Manchester United dan Glasgow Celtic dikabarkan meninggal di usia 36 tahun karena kanker pankreas. Sempat menjalani pengobatan hingga ke Amerika Serikat, Miller akhirnya pulang ke kota Cork, Republik Irlandia, untuk menjalani kemoterapi.

Photo Source: Standard.co.uk

Sayangnya, sel kanker yang menyerang pankreasnya sepertinya memang sangat ganas sehingga membuat perjuangannya menjadi percuma. Sebagai informasi, pankreas adalah organ yang sangat penting bagi kesehatan tubuh karena kemampuannya dalam memproduksi enzim eksokrin dan endokrin yang mengubah makanan menjadi energi. Sebagai informasi, enzim eksokrin membantu fungsi saluran pencernaan dan enzim endokrin yang bisa ditemukan di bagian atas usus halus berperan besar dalam mengendalikan kadar gula darah.

Dr. David Samadi, Ketua urologi dan kepala bedah robotik yang berasal dari Lennox Hill Hospital, menyebut kanker pankreas sebagai salah satu penyakit yang tidak memberikan gejala apapun sampai tumor yang muncul di organ tersebut berukuran cukup besar dan mengganggu fungsi pankreas. Selain itu, gejala dari kanker ini terkadang juga baru terasa jika menyerang organ di sekitar pankreas seperti perut, hati, atau kantung empedu.

Gejala dari kanker pankreas yang perlu diwaspadai adalah nyeri pada perut bagian atas yang terasa hingga bagian belakang, munculnya penyakit kuning pada kulit dan mata, penurunan nafsu makan dan berat badan dengan signifikan, tubuh selalu merasa lelah, terhambatnya saluran pencernaan, kerap mengalami sensasi mual, dan menderita diabetes tipe 2.

Mereka yang terbiasa merokok atau memiliki riwayat penyakit diabetes dan pankreatitis adalah yang paling rentan diserang penyakit ini.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik