Manisnya Aspartam Justru Memberikan Efek Kesehatan Yang Pahit

DokterSehat.Com – Selain gula alami, banyak produk-produk makanan yang juga memakai produk pemanis buatan yang disebut sebagai aspartam. Aspartam sendiri biasanya terbuat dari campuran asam aspartat, fenilalanin, dan juga methanol. Aspartam sendiri kerap kali ditemukan pada minuman bersoda sehingga membuat rasa minuman ini manis dan enak dikonsumsi. Sayangnya, dibalik manisnya produk makanan dan minuman yang memakai aspartam, ada beberapa bahaya kesehatan yang menanti jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak.

doktersehat-soda-kaleng-kanker

Jika kita membicarakan tentang kandungan gula yang berlebihan, maka hal pertama yang terlintas tentu adalah resiko terkena penyakit diabetes. Aspartam sendiri ternyata juga sangat tidak baik bagi diabetes dan bahkan bisa membuat penderita diabetes mengalami kondisi kesehatan yang memburuk. Selain diabetes, kandungan aspartam yang berupa methanol ternyata juga bisa membahayakan penglihatan karena bisa merusak saraf optik dan retina. Banyak laporan kesehatan yang menyebutkan adanya masalah kaburnya penglihatan dan rasa nyeri pada mata karena seringnya konsumsi aspartam.

Konsumsi aspartam yang berlebihan juga bisa mempengaruhi kesehatan otak. Kandungan aspartam berupa methanol bisa berkonsentrasi pada bagian otak dan pada akhirnya mempengaruhi resiko terkena penyakit alzheimer, ALS, hingga parkinson. Selain kerusakan pada otak, psikologis dari mereka yang banyak mengkonsumsi aspartam juga cenderung lebih tidak stabil dan mudah sensitif. Kadar aspartam yang tinggi dalam tubuh ternyata bisa mempengaruhi hormon serotonin yang bisa memicu depresi, agresifitas, hingga beberapa gangguan emosional lainnya.

Kandungan aspartam bisa membuat kadar insulin dalam darah meningkat dengan drastis dan bisa memicu penumpukan lemak pada tubuh. Hal ini berarti, penderita aspartam akan mengalami kesulitan dalam mengontrol berat badannya. Selain itu, penumpukan lemak yang berlebihan tentu juga bisa memicu masalah obesitas. Kandungan kalori dalam aspartam mungkin memang lebih sedikit dari yang ada pada gula alami. Sayangnya, bahan pembuat aspartam ternyata tidak ramah bagi organ dalam tubuh sehingga bisa memicu kerusakan sistem saraf dan penyakit-penyakit berbahaya. Ada baiknya kita menghindari konsumsi aspartam sehingga kita bisa menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik.