Mangga, Buah Manis Pencegah Diabetes

DokterSehat.Com – Salah satu musim buah yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat tanah air adalah buah mangga. Bagaimana tidak, buah mangga yang manis dan segar akan sangat nikmat untuk dikonsumsi baik itu secara langsung atau dijadikan jus. Mangga sendiri kaya akan vitamin dan serat yang bisa menyehatkan tubuh. Namun, tahukah anda jika mangga ternyata digolongkan sebagai buah superfood oleh pakar kesehatan bersama dengan nanas dan juga grapefruit? Ya, mangga yang nikmat ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam mencegah penyakit berbahaya layaknya obesitas maupun diabetes tipe dua.

doktersehat-mangga-baik-untuk-diabetes

Sebuah penelitian dilakukan oleh Oklahoma State University dimana menunjukkan bahwa kandungan dalam buah mangga akan membuat jumlah bakteri baik di dalam usus meningkat. Padahal, bakteri ini akan secara efektif mencegah munculnya kedua penyakit berbahaya tersebut. Penelitian ini sendiri dilakukan pada 60 ekor tikus percobaan yang digolongkan menjadi 4 kelompok yang setiap kelompoknya mendapatkan program diet khusus selama 12 pekan. Dari kelompok tikus ini, ada yang hanya mengkonsumsi 10 persen kalori dari lemak, ada kelompok yang mengkonsumsi diet tinggi lemak, dan ada pula yang mengkonsumsi diet tinggi lemak namun diimbangi dengan 10 persen asupan mangga.

Dari semua kelompok diet tinggi lemak, diketahui bahwa tikus-tikus ini mendapatkan asupan makronutrisi, serat, kalsium, dan juga fosfor yang setara. Setelah sampel dari semua kelompok tikus ini diambil, diketahui bahwa asupan diet tinggi lemak bisa menurunkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Namun, adanya nutrisi dari mangga akan menahan penurunan jumlah bakteri tersebut dengan signifikan.

Mangga ternyata juga sangat baik dalam mencegah peradangan pada saluran pencernaan dan diketahui sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral sekaligus antioksidan yang tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya fakta-fakta ini, jangan ragu untuk mengkonsumsi mangga agar bisa mencegah munculnya penyakit diabetes.