Mengatur Nafas Dengan Baik Agar Olahraga Bisa Semakin Maksimal

DokterSehat.Com – Olahraga yang baik kerap kali dianggap sebagai olahraga yang bisa membuat badan kita berkeringat dan cukup lelah karena banyak melakukan gerakan yang intens. Padahal, untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal, kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh kita. Salah satu tips agar mendapatkan hasil terbaik dari olahraga adalah dengan cara mengendalikan cara bernafas kita. Lantas, sebenarnya bagaimanakah cara terbaik agar nafas kita bisa tetap terkendali saat berolahraga?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Olahraga yang sangat terkait dengan mengendalikan pernafasan tentu saja adalah yoga. Meskipun terlihat mudah, yoga sebenarnya termasuk dalam olahraga yang cukup sulit dilakukan dan membuat kita banyak berkeringat. Olahraga yang terkenal sangat baik bagi pikiran kita ini akan meminta kita bernafas dengan tepat, yang biasanya berupa nafas yang cenderung perlahan dan panjang dalam waktu yang cukup lama.

Olahraga lain yang erat kaitannya dengan pengendalian pernafasan adalah berlari. Banyak orang yang tidak kuat berlari karena nafasnya sudah tersengal-sengal. Padahal, dengan menarik nafas dengan benar, yakni kemudian membuangnya setelah empat detik secara bertahap saat berlari, kita dapat lebih mudah melawan rasa lelah dan membakar kalori dengan jauh lebih baik.

Olahraga angkat beban juga akan membuat kita harus lebih baik dalam mengendalikan pernafasan. Dengan mengatur nafas lebih baik, kita akan menurunkan resiko terkena masalah cendera punggung dan membuat otot-otot inti tubuh menjadi lebih stabil. Saat beban yang kita angkat berada di atas, saat inilah yang terbaik bagi kita menghembuskan nafas kita. Sementara itu, beban yang ada di bawah atau saat kita turunkan, adalah saat terbaik untuk menarik nafas. Pengendalian pernafasan ini juga dipercaya mampu membuat kita tidak terlalu banyak membuang energi yang dibutuhkan untuk olahraga yang lebih baik.