Manfat Dari Ciuman Ini Tidak Pernah Kita Duga Sebelumnya

DokterSehat.Com– Ciuman adalah salah satu ekspresi yang akan dilakukan oleh pasangan untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Tak hanya itu, ciuman juga bisa semakin mendekatkan emosi keduanya. Yang tidak diduga adalah, berciuman ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan yang tidak kita duga sebelumnya. Apa sajakah manfaat tersebut?



Meredakan stress
Dengan berciuman, kita akan menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh dan menggantikannya dengan hormon oksitosin. Sebagaimana kita ketahui, hormon kortisol muncul karena stress, tegang, atau cemas. Sementara itu, hormon oksitosin mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Karena alasan inilah kita akan merasakan sensasi tenang dan nyaman setelah berciuman.

Membahagiakan
Tak hanya memproduksi hormon oksitosin, berciuman juga akan membuat tubuh memproduksi hormon endorphin, hormon yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik, berbahagia, dan bersemangat.

Meredakan sakit kepala
Dengan berciuman, terdapat beberapa zat kimia yang dilepaskan pada otak kita yang ternyata bisa meredakan sakit kepala.

Membuat wajah semakin awet muda
Melakukan ciuman dengan bibir dengan penuh gairah ternyata bisa melatih otot-otot wajah. Hal ini akan membuat wajah sekaligus leher akan semakin awet muda.

Membakar kalori
Jika kita berciuman dengan penuh gairah selama 1 menit, maka tubuh akan membakar 2 hingga 6 kalori. Tidak begitu banyak memang, tapi tentu akan lebih baik daripada tidak membakar kalori sama sekali, bukan?

Baik bagi kesehatan jantung
Berciuman bisa menjaga denyut jantung dan menurunkan tekanan darah akibat dari melebarnya pembuluh darah. Hal ini juga akan membuat tubuh terasa lebih rileks.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Berciuman bibir, apalagi yang dilakukan dengan bermain lidah bisa membuat pasangan bertukar air liur. Hal ini ternyata bisa berimbas pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, disebutkan bahwa berciuman dengan orang yang sama selama 6 bulan saja sudah bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat dalam melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Baca Juga:  Ciuman Ternyata Baik Bagi Kesehatan Gigi

Melihat adanya berbagai fakta ini, jangan ragu untuk mencium pasangan untuk menunjukkan rasa sayang kita.