Manfaat Yoghurt Prebiotik Untuk Kesehatan

Doktersehat.com-  Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri dan dapat dibuat dari susu apa saja, bahkan dari susu kacang kedelai. Kandungan bakteri baik yang ada di dalam yoghurt bermanfaat untuk proses pencernaan. Bisa juga melangsingkan sampai kecantikan kulit. Ternyata yoghurt banyak manfaat lainnya.



Berikut manfaat yoghurt yang jarang kita ketahui:

Meremajakan wajah

Yoghurt yang mengandung asam laktat ini berfungsi untuk  pergantian kulit. Pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda dan menyebabkan perubahan warna. Bahkan dapat mengurangi kerut-kerut halus.

Cara penggunaannya adalah campurkan satu cangkir yoghurt dengan dua sampai tiga tets minyak almond atau minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Kemudian oleskan ke wajah dan biarkan 20-30 menit, sampai kering lalu dibilas.

Membantu pencernaan

Yoghurt mengandung prebiotic di dalam yoghurt telah terbukti akan menyehatkan mikroflora di dalam usus.  Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan yoghurt setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (colony-forming units atau CFUs) probiotik hidup.

Menjaga jantung sehat

Yoghurt juga baik untuk kesehatan jantung sebab rendah lemak. bahkan bebas lemak. Mengonsumsinya dapat membantu menurunkan risiko terserang tekanan darah tinggi,” kata Alvaro Alonso, MD, PhD, profesor di University of Minnesota Sekolah Kesehatan Masyarakat.

Protein khusus dalam susu mengatur tekanan darah, kadar kalsium, magnesium, potasium, dan menyebabkan efek penurun tekanan darah.

Mencegah hipertensi

Manfaat lain dari mengkonsumsi yoghurt adalah mencegah penyakit jantung. Protein spesial di dalam yogurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasium-nya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Sumber:detikhealth.com&kompashealth.com