Teh Hitam – Manfaat yang Masih Diragukan

DokterSehat.Com– Teh hitam mungkin tidak efektif untuk beberapa hal berikut ini:

doktersehat-kegunaan-teh-hitam

  • Kanker payudara. Orang yang minum teh hitam tampaknya tidak memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.
  • Usus besar dan kanker rektum. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa minum teh hitam atau hijau mungkin terkait dengan rendahnya risiko kanker usus besar dan rektum. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum teh tidak terkait dengan rendahnya risiko kanker usus besar dan rektum. Bahkan, beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa minum jumlah yang lebih tinggi dari teh hitam mungkin terkait dengan peningkatan risiko kanker usus besar dan rektum.
  • Penelitian awal menunjukkan bahwa mengambil ekstrak teh hitam dan teh hijau tidak meningkatkan kadar HbA1C pada orang dengan diabetes. HbA1C adalah ukuran kontrol gula darah. Penelitian awal lainnya menunjukkan bahwa minum setidaknya satu cangkir teh hitam per hari tidak terkait dengan risiko diabetes tipe 2 lebih rendah pada orang dewasa.
  • Kanker lambung. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa minum teh hitam atau hijau dapat terkait dengan rendahnya risiko kanker lambung. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang minum teh hitam atau teh hijau tidak memiliki risiko yang lebih rendah. Bahkan, beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa minum sejumlah teh hitam terkait dengan peningkatan risiko kanker lambung.
  • Kolesterol tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL atau kolestrol jahat) pada orang dengan kadar kolesterol normal atau tinggi. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum teh hitam tidak memiliki efek ini.
  • Tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang secara teratur minum teh hijau atau teh hitam memiliki risiko lebih rendah dalam mengalami tekanan darah sistolik tinggi, yang merupakan angka atas dalam pembacaan tekanan darah. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum teh hitam tidak mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah normal atau tinggi.
Baca Juga:  Teh Hitam - Masalah Keamanan dan Perhatian Khusus (Penderita Penyakit Tertentu)

Bagaimana teh hitam bekerja?
Teh hitam mengandung kafein 2% sampai 4%, yang mempengaruhi pemikiran dan kewaspadaan, meningkatkan output urin, dan dapat mengurangi gejala penyakit Parkinson. Teh hitam juga mengandung antioksidan dan zat lain yang dapat membantu melindungi jantung dan pembuluh darah.