Manfaat Yang Didapatkan Andai Berolahraga 30 Menit Setiap Hari

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita menyempatkan waktu untuk melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap harinya agar tubuh kita tetap sehat. Memang, adanya kesibukan harian bisa membuat kita kesulitan mencari waktu 30 menit tersebut. Padahal, andai kita jeli, kita bisa saja berjalan kaki atau bersepeda menuju tempat kerja selama 30 menit dan kita sudah mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebenarnya, apa sajakah keuntungan yang bisa kita dapatkan andai kita mau menyempatkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga setiap hari?

doktersehat-olahraga-lari-jogging

Tidak mudah terkena penyakit

Pakar kesehatan menyebutkan jika jarang beraktifitas fisik bisa membuat kita memiliki resiko kesehatan yang setara dengan merokok. Padahal, sebagaimana kita ketahui, merokok bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya layaknya masalah pada jantung atau bahkan paru-paru. Agar kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit dan menurunkan resiko kematian dini akibat penyakit-penyakit tersebut, ada baiknya memang kita menyempatkan diri untuk berolahraga.

Menurunkan stress dengan signifikan

Dengan rutin melakukan aktifitas fisik, kita juga akan cenderung tidak akan mudah terkena stress. Apalagi jika kita menyempatkan olahraga di lingkungan yang asri. Dengan semakin menurunnya resiko terkena stress, maka kita pun akan menurunkan resiko terkena masalah kolesterol jahat dalam darah yang akan membuat tidak akan mudah terkena masalah kesehatan jantung yang bisa sangat mematikan.

Mencegah terkena diabetes

Pakar kesehatan dr. Ray Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, menyebutkan jika para penderita pra-diabetes atau mereka yang didiagnosis terkena diabetes stadium awal, sangatlah disarankan untuk rutin melakukan aktifitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari dengan tujuan mengembalikan fungsi tubuh untuk memproduksi enzim-enzim yang mampu membuat berbagai sistem berjalan sebagaimana mestinya. Sebagai contoh, organ pankreas bisa bekerja dengan baik kembali sehingga kadar insulin pun bisa diproduksi dengan normal kembali.

Baca Juga:  Kenali Bahaya Masturbasi

Meningkatkan libido bagi pria

Andai kita jarang bergerak, maka kita pun beresiko besar mengalami masalah kegemukan yang akan berujung pada menurunnya libido dan juga hormon testosteron. Hal ini tentu bisa menurunkan gairah berhubungan intim dengan pasangan dan mengganggu keharmonisan rumah tangga bukan? Karena alasan inilah ada baiknya kita mulai rutin berolahraga agar mengembalikan libido menjadi normal kembali.