Manfaat Vitamin E dalam Mencegah Penyakit Akibat Paparan Minyak Goreng Berulang

DokterSehat.Com – Penggunaan minyak goreng tidak lepas dari kehidupan masyarakat. Masyarakat biasanya banyak mengkonsumsi minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit. Pemanasan minyak goreng yang berulang sering dijumpai pada penjualan gorengan dipinggir jalan, dan ibu-ibu rumah tangga. Penggunaan minyak berulang bila dikonsumsi untuk jangka waktu yang lama, akan dapat membahayakan kesehatan. Penelitian Rustika menyatakan bahwa minyak goreng yang dipakai untuk memasak sebaiknya maksimal 4 kali, agar gorengan tidak banyak mengandung asam lemak jenuh yang dapat membahayakan kesehatan. Minyak yang mengalami proses panas kedingin berulang sampai 4 kali, akan menurunkan mutunya karena mengandung banyak asam lemak jenuh yang dapat menyumbat pembuluh darah .

doktersehat-obat-minyak-ikan

Konsumsi asam lemak jenuh terutama asam lemak jenuh rantai panjang akan berpengaruh terhadap kenaikan kadar kolesterol total dan LDL. Konsumsi asam lemak tak jenuh dalam jumlah terlalu tinggi juga tidak baik untuk kesehatan, karena asam lemak tak jenuh majemuk dan tunggal dapat berubah akibat cara penggorengan pada suhu tinggi dan pemakaian minyak goreng yang berulang.

Pemanasan pada suhu tinggi dan pemakaian minyak goreng yang berulang akan menyebabkan ikatan rangkap pada asam lemak mengalami kerusakan dan membentuk senyawa yang bersifat racun dan sebagai radikal bebas atau yang dikenal sebagai “Spesies Oksigen Reaktif (SOR)” yang pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan DNA sel jaringan protein dan lemak tubuh. Hal ini akan berakibat sangat destruktif, bahkan dapat terjadinya kanker atau karsinogen .

Vitamin E merupakan antioksidan eksogen larut dalam lemak dan dipercaya sebagai sumber antioksidan yang kerjanya mencegah lipid peroksida dan asam lemak tak jenuh dalam membran sel dan membantu oksidasi vitamin E serta mempertahankan kesuburan . Suatu studi yang dilaporkan Journal Of American Chemical Society (1981) menunjukkan, vitamin E dapat menyerap dan menetralkan radikal bebas lebih efektif dari pada antioksidan lain.

Baca Juga:  Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur Ternyata Sangat Menyehatkan

Vitamin E dapat mengakhiri proses reaksi berantai radikal bebas dengan menghambat produksi radikal bebas yang baru dan membatasi kerusakan sampai batas area membran sel, akibat efek radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh dan menyebabkan perubahan patologis yang berhubungan dengan penuaan (Journal Of American Diabteties, 1978). Vitamin E juga menekan kanker dan meningkatkan respon kekebalan, asupan vitamin E sebagai antioksidan adalah 45 IU/kg BB/hr. Oleh karena itu, vitamin E dapat menjadi rekomendasi dalam pencegahan penyakit akibat penggorengan berulang.