8 Khasiat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil

Doktersehat - Ubi Jalar
Photo Credit: Flickr.com/Wei Zhang

DokterSehat.Com– Menjaga kebutuhan gizi pada ibu hamil adalah sesuatu yang penting. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang seperti karbohidrat, buah dan sayuran, sumber protein, dan kalsium setiap harinya.

Jika Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan seperti di atas, Anda bisa mengatasinya dengan rutin mengonsumsi ubi jalar. Ubi jalar memiliki kandungan vitamin A, C, E, beta-karoten, magnesium dan oksidan.

Seperti diketahui, ubi jalar mempunyai beberapa jenis yaitu ubi jalar ungu, oranye, putih, kuning, serta merah. Ubi jalar juga merupakan makanan yang bebas lemak sehingga aman bagi orang yang takut gemuk.

Dengan berbagai kandungannya di dalamnya, ubi jalar adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Berikut ini adalah beberapa manfaat ubi jalar yang bisa di dapatkan oleh ibu hamil, di antaranya:

  1. Mencegah pembengkakan dan kram kaki

Pembengkakan kaki yang sering terjadi pada ibu hamil sering kali membuat ibu hamil mengalami kesulitan untuk berjalan. Agar pembengkakan tidak terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi ubi jalar. Ubi jalar mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan.

Selain itu, kalium yang terdapat pada ubi jalar juga berguna untuk mencegah terjadinya kram pada kaki. Cukupilah kebutuhan kalium tubuh dengan mengonsumsi ubi.

  1. Menurunkan darah tinggi

Bagi ibu hamil yang sering mengalami darah tinggi, sepertinya Anda perlu mengonsumsi ubi jalar untuk membantu menurunkan tekanan darah. Agar Anda tidak bosan dengan menu ubi jalar yang sama setiap hari, sajikan ubi jalar dalam berbagai inovasi agar ibu hamil tetap ingin mengonsumsi ubi.

  1. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan darah. Ubi jalar mengandung manfaat zat besi yang dapat mencegah terjadinya kekurangan darah pada ibu hamil. Jumlah darah di dalam tubuh sangat berhubungan erat dengan jumlah dan kondisi zat besi yang ada di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan sistem imun

Ubi jalar merupakan sumber prebiotik yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai bahaya dan ancaman penyakit. Ubi jalar mengandung serat yang dapat mengubah mikroba membentuk antibodi untuk dapat menjaga kesehatan bayi selama dalam kandungan, sehingga bayi dapat terlahir dengan sehat.

  1. Mengatasi sembelit

Dalam sehari ibu hamil membutuhkan serat sebanyak 28 sampai 34 gram untuk memperlancar pencernaan serta mencegah sembelit. Kandungan serat yang terdapat dalam ubi jalar akan membantu memperlancar kerja sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya sembelit. Dalam satu cangkir ubi jalar mengandung 6,6 gram serat.

  1. Mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian, ubi jalar oranye memiliki sifat anti-karsiogenik. Selain itu, penelitian lain melaporkan bahwa beta-karoten pada ubi jalar dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pramenopause dan kanker ovarium pada wanita pascamenopause.

Selain itu, makanan yang memiliki kandungan beta-karoten ini juga dapat memainkan peran penting terhadap kanker prostat di antara pria muda. Bahkan beta-karoten juga telah terbukti memiliki kemampuan untuk melawan kanker usus besar.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Ubi jalar mengandung sumber vitamin B6 yang dapat menghancurkan homocysteine, zat yang memberikan kontribusi untuk pengerasan pembuluh darah dan arteri. Sebuah penelitian mengungkapkan, kandungan kalium pada ubi jalar juga bermanfaat bagi jantung karena ia dapat menurunkan tekanan darah dengan menjaga keseimbangan cairan.

  1. Menjaga penglihatan

Kekurangan vitamin A menyebabkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk, sehingga menganggu penglihatan normal. Beta-karoten yang terdapat di dalam ubi mampu mengganti kekurangan vitamin A. Selain itu, vitamin antioksidan C dan E dalam ubi jalar juga telah terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.

Vitamin A merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata. Dengan mengonsumsi ubi jalar maka kebutuhan gizi ibu hamil dan janin untuk vitamin A dapat terpenuhi.