Cara Mendapatkan Manfaat dari Tidur Siang

doktersehat-kurang-tidur-ngantuk

DokterSehat.Com– Seseorang membutuhkan waktu untuk tidur, baik pada malam hari maupun siang hari. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bersitirahat di siang hari, khususnya bagi Anda yang sedang bekerja. Sebab, kewajiban dan aktivitas pekerjaan yang sangat padat membuat Anda tidak memiliki waktu luang hanya sekedar untuk tidur di siang hari.

Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kesempatan untuk tidur siang, lakukanlah dengan benar dan jangan sampai salah memanfaatkannya. Sebab, jika Anda tidur siang dengan cara yang salah, maka akan mengganggu tidur malam Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang sehingga tidak memberikan efek buruk dan mengganggu jam tidur malam Anda, diantaranya:

1. Paling Lama Tidur Selama 90 Menit

Tidak sedikit mereka yang menghabiskan cukup banyak waktu untuk tidur siang, bahkan hingga berjam-jam. Padahal, untuk membuat tubuh menjadi segar kembali, Anda hanya butuh waktu untuk tidur siang selama 15 hingga 30 menit saja. Menurut sebuah studi menyebutkan bahwa tidur siang tidak boleh lebih dari 90 menit.

Sebab, jika terlalu lama, maka akan memblokir mental Anda sehingga tidak bisa berpikir. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah cara mengatur jam tidur. Hal ini dikarenakan jika Anda terbangun di tengah-tengah siklus tidur, bisa menyebabkan inertia, rasa grogi yang susah dihilangkan.

2. Tidur dengan Nyaman

Tempat tidur ataupun posisi tidur yang kurang nyaman, akan mengganggu kualitas tidur Anda. Sehingga, Anda perlu menciptakan rasa nyaman saat tidur agar tidur siang Anda tidak terganggu. Ada baiknya jika Anda memilih tempat untuk tidur siang selain kasur di kamar. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terlalu merasa nyaman saat tidur siang sehingga lupa waktu dan menghabiskan banyak waktu untuk tidur siang. Pilihlah tempat seperti sofa, agar Anda bisa membedakan antara tidur siang dengan tidur malam.

3. Jangan Langsung Tidur Setelah Olahraga

Jika Anda baru selesai berolahraga, sebaiknya jangan langsung segera tidur. Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga sebelum tidur bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan bisa merangsang otak untuk membuatnya istirahat lebih sulit. Sebaiknya berikan jeda waktu sekitar 2 hingga 3 jam setelah berolahraga, lalu Anda bisa tidur siang dengan nyaman.