Manfaat Tersembunyi di Daun Jati

DokterSehat.Com– Indonesia memiliki keragaman jenis tanaman obat, hal ini didukung karena Indonesia termasuk dalam negara tropis sehingga banyak jenis tanaman yang mampu tumbuh di negara kita ini. Seiring dengan perkembangan zaman semakin banyak peneliti yang kian tertarik untuk mengetahui apa manfaat dari berbagai jenis tanaman yang terdapat di Indonesia sebagai alternatif pengobatan atau pilihan pangan lain yang fungsional. Salah satu jenis tanaman yang banyak diteliti khasiatnya adalah golongan tanaman obat. Tanaman obat umumnya banyak kita temui dan mudah didapatkan karena tanaman-tanaman tersbut tumbuh di sekitar lingkungan rumah kita. Beberapa tanamana obat yang telah diteliti manfaatnya contohnya seperti cabai dan lidah buaya.

daun-jati-doktersehat

Tanaman obat lain yang telah diteliti manfaatnya adalah daun jati yaitu jenis daun jati Belanda. Daun jati ini umumnya dimanfaatkan untuk mengatasi kolesterol dan rematik. Namun ternyata daun jati memiliki kandungan manfaat lain yang dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan di Universitas Airlangga pada tahun 2016. Penelitian ini menunjukkan bahwa daun jati bermanfaat dalam penurunan berat badan.

Penelitian tersebut dilakukan pada mahasiswi yang memiliki berat badan dan lingkar perut berlebih. Daun jati diberikan dalam bentuk kapsul dosis tinggi yaitu 550 mg. Hasilnya terdapat penurunan lingkar perut pada mahasiswi dalam penelitian tersbut. Disamping pemberian kapsul daun jati dalam peneltian tersebut juga diperhatikan segi aktifitas fisik yang tergolong berat yaitu lebih dari lima kali sehari.

Manfaat dari daun jati ini juga didukung banyak penelitian lain yang menyebutkan bahwa kandungan tanin pada daun jati belanda dapat melapisi dinding usus halus sehingga mampu menghambat penyerapan lemak.
Dengan banyaknya manfaat tersebut akhir-akhir ini sudah banyak terdapat produk olahan teh dari daun jati, sehingga kini kita semakin mudah untuk mendapatkan manfaat tersembunyi di daun jati.