informasi kesehatan


Manfaat Teripang / Hoi Sum Bagi Kesehatan

Manfaat Teripang / Hoi Sum Bagi Kesehatan

            

DokterSehat.com – Binatang yang dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan Sea Cucumber ini selain enak dimakan juga tanpa kita sadari ternyata memiliki manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan. Penelitian yang dilakukan di beberapa universitas di Malaysia selama beberapa tahun menunjukkan bahwa teripang mempunyai manfaat kesehatan dalam:

  • melancarkan peredaran darah
  • melancarkan fungsi ginjal
  • meningkatkan kadar metabolisme
  • menyembuhkan nyeri persendian
  • antiseptik luka
  • kencing manis/diabetes
  • hipertensi
  • mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah
  • gangguan pencernaan dan pernafasan
  • anemia
  • mengatasi penyakit jantung.

Penggunaan teripang sebagai antiseptik tradisional dan obat serbaguna untuk berbagai penyakit sudah dikenal sejak 500 tahun lalu oleh masyarakat pulau Langkawi, Malaysia. Air teripang biasanya diminumkan kepada ibu-ibu yang habis melahirkan untuk menghentikan pendarahan, atau juga untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada anak-anak mereka yang habis dikhitan. Tetapi bagi yang sudah lama khitannya, tak perlu diolesin lagi, tetapi kata Pak Yudi cukup dibandingkan saja karena memang agak-agak mirip he….he….

Dari hasil penelitian para ilmuwan, teripang dianggap memiliki kandungan Cell Growth Factor atau factor generasi sel. Karena itu, teripang mampu merangsang regenerasi sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak, sakit bahkan membusuk, sehingga dapat menjadi normal kembali. Misalnya pada kasus diabetes mellitus, selain diminum teripang juga dapat dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan yang nyaris diamputasi. Ini menunjukkan bahwa kandungan yang ada pada teripang mampu bekerja dengan baik sehingga luka dapat pulih kembali dengan cepat.

Hal ini dikuatkan oleh Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI, yang menyatakan bahwa kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 86 % baik untuk diberikan pada penderita diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulinpun meningkat.

Tentang khasiatnya untuk penyembuhan penyakit jantung dikemukakan oleh dua orang peneliti yaitu Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Mereka menyatakan bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang stichopus chloronotus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.

Lebih jauh, Prof.Dr.Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia dalam sebuah penelitiannya menyebutkan bahwa teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang tinggi.

Nah, bagaimana? Cukup terkejut kan? Teripang yang kita anggap biasa-biasa saja dan tidak menarik itu ternyata memiliki khasiat yang dahsyat bagi kesehatan manusia. Karena itu mulai sekarang jangan takut melihat wujudnya dan jangan sungkan-sungkan untuk melahapnya walaupun menurut beberapa orang, teripang tidak termasuk deretan daftar makanan yang lezat dilidah sehingga jarang memakannya. Jadi, selamat mencoba semoga semakin sehat dan tetap semangat.

Penulis  Endarto (DKP Banten)

pf button both Manfaat Teripang / Hoi Sum Bagi Kesehatan


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

19 Responses to “Manfaat Teripang / Hoi Sum Bagi Kesehatan”

  1. kemala07 says:

    thanksfor info

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 13 Thumb down 2

  2. Abi says:

    Infonya sangat bermanfaat,…
    Thx

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 6 Thumb down 1

  3. made says:

    di http://www.gamatsehat.wordpress.com lebih detail diulas, olahan dlm bentuk jelly siap konsumsi kini tersedia..manfaatnya banyak sekali. dikonsumsi, dioles atau jadi masker wajah oke sekali..

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 2

  4. NADIA says:

    Dapat produk ekstrang teripang asli hanya di Agen Resmi Jelly Gamat

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 1

  5. Budi says:

    Apakah Haisom jeli bermanfaat until ram but rontok dioleskan? Thanks

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 1

  6. Di laut Papua banyak sekali aneka jenis TERIPANG

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 2

  7. Dewo Akuwatno says:

    Ternyata teripang yang dianggap remeh membawa manfaat yang begitu besar untuk kesehatan. Apakah kerupuk teripang yang asin berwarna coklat kehitaman dan kering banyak di pasar itu juga masih mengandung zat yang bermanfaat sebagai obat?

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 2

  8. gio says:

    bagus tripang menyehatkan tubuh

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  9. Anonymous says:

    cari obatnya dimana ya..? nmnya apa..thx

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. nila says:

    cari obatnya dimana ya..? nmnya apa..thx

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. Sonny William says:

    Manfaat Teripang itu juga terkandung dalam jelly Gamat/Gamat Extract.Bebentuk jelly,dikonsumsi secara langsung(lebih kurang setengah sendok makan) ataupun dicampurkan ke dalam segelas air matang,lalu langsung diminum

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 10 Thumb down 1

  12. evi says:

    kalau untuk konsumsi sendiri kemana harus mencari teripang ini thanks

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  13. evi amalia says:

    cara pemakaian teripang untuk luka sehabis di amputasi karna penyakit DM

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. nurul says:

    teripang itu boleh gk y d konsumsi sm anak usia 10 bulan,
    tolong dijawab y

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. awani says:

    menarik infonya semoga bermanfaat saya coba

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  16. supri says:

    mau tanya apakah teripang bisa untuk menyembuhkan penyakit liver?
    terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. ashin says:

    Jual teripang , sudah di bersihkan , siap langsung dimasak . Order min 1kg , ( isi kurang lebih 4 buah ) harga Rp 300.000 /kg
    Sama dengan harga untuk distribusi ke resto ..
    Call me 0219882 9881 ashin

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. terima kasih infonya,sangat bermanfaat

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  19. M.Nurmal says:

    saya sudah mencoba makan teripang yang sudah dikeringkan.Ternyata sakit dipersendian saya berangsur kurang dan tekanan daraah saya turun juga luka diabetes saya sembuh.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Camilan Teripang « Lilium Interspinas - [...] Hasil penelitian menunjukkan teripang memiliki kandungan Cell Growth Factor sehingga mampu merangsang regenerasi sel dan jaringan tubuh manusia yang …