Manfaat Tak Terduga Dari Meminum Teh

DokterSehat.Com – Teh adalah salah satu minuman yang cukup digemari oleh masyarakat tanah air. Tak hanya dikonsumsi dalam kondisi dingin layaknya di sebagian tempat makan, teh juga kerap dinikmati dalam kondisi hangat. Salah satu dari manfaat menikmati teh adalah membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan kita pun terbebas dari stress. Namun, tahukah anda jika ternyata teh memiliki begitu banyak kebaikan bagi tubuh kita? Ada banyak sekali manfaat tak terduga dari meminum teh layaknya sebagai berikut.

doktersehat-teh-krisan

Menurunkan resiko kanker
Berdasarkan hasil penelitian dari University of Parma, Italia, diketahui bahwa pria yang rutin menikmati teh hijau akan cenderung memiliki resiko jauh lebih kecil untuk terkena kanker prostat. Bahkan, sebuah penelitian lainnya dari Tiongkok menyebutkan jika konsumsi teh hijau setiap hari bisa menurunkan resiko kanker paru-paru dan juga berbagai jenis kanker lainnya dengan signifikan.

Mencegah diabetes
Pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita mengkonsumsi teh hitam setidaknya tiga cangkir atau lebih setiap harinya, maka kita akan menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 dengan signifikan. Bagi penderita diabetes, konsumsi teh hitam secara rutin juga akan membuat tubuh lebih baik dalam menjaga keseimbangan gula darah. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Framingham State University yang menyebutkan jika kandungan antioksidan dari teh hitam mampu memblokir berbagai enzim yang meningkatkan kadar gula darah.

Mencegah katarak
Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal American Chemical Society’s Journal of Agricultural & Food Chemistry menyebutkan jika kandungan antioksidan bernama catachins di dalam teh hijau akan mampu mencegah masalah glaucoma pada mata. Hasil penelitian lain yang dilakukan di University of Scranton juga menyebutkan jika rutin meminum teh akan menurunkan resiko terkena katarak.

Baca Juga:  Jangan Khawatir Jika ASI Tak Kunjung Keluar

Membuat tulang kuat
Jurnal American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan jika kandungan antioksidan di dalam teh yang bernama flavonoid akan membantu tulang tetap padat dan kuat. Pakar kesehatan pun merekomendasikan kita untuk meminum teh hitam setidaknya tiga cangkir dalam sehari agar tulang kita tetap kuat hingga usia lanjut.