Manfaat Tak Terduga Dari Hobi Bersepeda

doktersehat-anak-olahraga-sepeda
Photo Credit: Markus Spiske

DokterSehat.Com– Apa yang anda lakukan di liburan panjang seperti sekarang ini? Ada sebagian orang yang sengaja menggunakan waktu luangnya untuk kembali melakukan hobinya, salah satunya adalah hobi bersepeda. Kini, semakin banyak orang yang bersepeda hingga ke jarak yang jauh atau mencapai tempat-tempat yang memiliki pemandangan menarik, tak hanya bersepeda di sekitar kompleks rumah saja. Tak disangka, kebiasaan gowes ini ternyata bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Pakar kesehatan RM Anjana dan Deepali Badoni dari klinik AktivHealth menyebutkan bahwa selain bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, bersepeda ternyata bisa memperbaiki kesehatan mental dengan signifikan, khususnya dalam hal menurunkan depresi, stress, dan rasa cemas. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon dopamine, serotonin, serta phenylethylamine pada otak tatkala kita melakukannya. Hormon-hormon ini memberikan dampak positif bagi psikis kita, khususnya dalam hal membuat kita lebih bahagia dan nyaman. Keberadaan hormon-hormon tersebut juga akan menurunkan sekaligus mencegah datangnya masalah kesehatan psikis yang kini banyak dialami oleh manusia modern.

Sementara itu, manfaat bersepeda bagi kesehatan fisik kita adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh dengan drastis. Sebagaimana kita ketahui, kolesterol tinggi adalah salah satu pemicu utama dari penyakit jantung dan stroke yang mematikan. Tak hanya itu, bersepeda ternyata juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang menderita diabetes. Hanya saja, ada baiknya penderita diabetes memastikan untuk tidak mengalami dehidrasi saat melakukannya dan membekali diri dengan air putih.

Bagi penderita diabetes yang ingin bersepeda lebih dari 1 jam, pastikan untuk selalu mengecek kadar gula darahnya sebelu, saat, dan setelah melakukannya. Hal ini sangat penting untuk memastikan kondisi gula darahnya mengingat jika sampai turun drastis, bisa jadi akan membahayakan kondisi kesehatannya.