informasi kesehatan


Manfaat Sunblock Untuk Kulit

Manfaat Sunblock Untuk Kulit

            

Doktersehat.com – Sinar Ultraviolet (UV) adalah sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar UV dapat membakar mata, rambut, dan kulit jika bagian tubuh tidak dilindungi, atau jika Anda terlalu banyak terkena sinar matahari.

Bahaya Sinar UV pada Kulit

Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit, akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam. Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai. Tidak heran bila bintik awal kanker kulit timbul di bagian tubuh yang terbuka seperti wajah, kepala, tangan dan bagian yang banyak terpapar sinar matahari.Sinar Matahari tidak sepanjang hari merusak kulit, sebelum pukul 09.00 pagi justru penting untuk tulang. Kita justru harus waspada pada pancaran sinar yang berlansung sejak pukul 09.00 hingga 15.00, sebab disaat waktu tersebut sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit.

Meski di dalam ruangan, bukan berarti kulit tidak bisa terkena matahari, karena sinar UV dapat menembus kaca jendela. Itulah sebabnya mengapa kulit harus terlindung dari paparan sinar matahari.

Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat. Untuk itu, penggunaan sunblock sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit berikut ini.

1. Kulit Kasar

Sinar matahari menembus dan merusak sel-sel kolagen yang terdapat pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan kering. Sinar matahari juga menyerap kelembaban kulit dan mengakibatkan kulit kehilangan kelembutannya. Ketika kolagen rusak, butuh waktu berbulan-bulan hingga tahunan untuk dapat mengembalikannya seperti semula.

2. Kerutan

Hal ini merupakan salah satu efek paparan sinar matahari yang sering terjadi pada kulit kita. Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembaban dan kelembutannya. Sehingga timbul kerutan pada kulit. Yang lebih mengejutkan lagi adalah 75 hingga 80 persen penuaan dini pada kulit disebabkan karena efek dari paparan sinar matahari.

3. Flek

Flek adalah salah satu tanda kerusakan pada kulit. Ketika kulit terkena paparan sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan flek pada kulit, dan jika tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan menimbulkan titik-titik hitam.

4. Kulit Terbakar

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan kulit terbakar. Sinar UV tersebut dapat membakar sel-sel kulit baru. Masalah ini harus segera diatasi.

5. Komedo

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan komedo pada wajah, terutama di area hidung dan dahi. Jadi, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari untuk menghindari masalah kulit atau minimalisir dampak buruk dengan memulaskan sunblock dan menggunakan topi serta busana lengan panjang saat berpergian siang hari.

Dari berbagai sumber

pf button both Manfaat Sunblock Untuk Kulit


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Manfaat Sunblock Untuk Kulit”

  1. terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat dok :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0