18 Manfaat Makan Stroberi bagi Wanita Hamil

doktersehat-stroberi-untuk-masker

DokterSehat.Com– Kebun stroberi adalah spesies hibrida yang banyak ditanam dari genus Fragaria. Stroberi dibudidayakan di seluruh dunia untuk mendapatkan buahnya. Buah ini sangat disukai karena aromanya yang khas, berwarna merah cerah, tekstur yang berair, dan rasa yang manis dan asam.

Stroberi adalah semak kecil yang tumbuh di dataran rendah dan menyebar. Tumbuhan ini memiliki bunga putih kecil yang akhirnya berkembang menjadi kerucut kecil, hijau muda, buah yang belum dewasa. Mereka aan menjadi merah dengan dan masing-masing stroberi menampilkan bintik merah kecil, biji warna kuning menembus permukaannya buah. Ujung atasnya berdaun hijau dan batang yang menghiasi mahkota.

Setiap buah berry memiliki bentuk kerucut, berat sekitar 25 gram dan ukuran sekitar 3 sentimeter. Buahnya memiliki rasa yang bervariasi oleh kultivar, dan berkisar dari cukup manis hingga asam.

Meskipun varietas liar kadang-kadang tersedia di pasar, produksi skala besar menggunakan sistem “plastik” modern. Dalam metode ini, tanah berbentuk bedeng, difumigasi, dan ditutupi dengan plastik, yang mencegah pertumbuhan gulma dan merusak tanaman.

Apa manfaat kesehatan dari stroberi?

Mengonsumsi delapan buah stroberi dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol karena mengandung sekitar 50 kalori dan kalori yang dikandungnya sekitar 30 mikrogram asam folat. Sedangkan untuk ibu hamil, mengonsumsi sebanyak 8 buah yang mengandung asam folat dapat terpenuhi untuk kebutuhan sehari-hari sebanyak 7,5 persen dari 400 mikrogram.

Asam folat adalah vitamin B yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, dan dapat berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah, eritrosit dan perkembangan sistem saraf.

Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa dari stroberi untuk wanita hamil:

  1. Mencegah anemia, buah stroberi mengandung zat besi yang sangat berguna dalam
    mencegah anemia pada ibu hamil
  2. Mencegah kelebihan berat badan pada janin
  3. Mencegah jerawat selama kehamilan
  4. Mencegah risiko kelahiran prematur dan risiko kelainan jantung
  5. Mencegah janin terkena risiko cacat tabung saraf
  6. Menurunkan kadar kolesterol
  7. Mencegah kanker serviks, kanker payudara dan kanker tenggorokan
  8. Mengatasi pembengkakan pada tangan dan kaki
  9. Mengurangi mual dan muntah
  10. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  11. Sumber energi
  12. Melancarkan sistem pencernaan
  13. Asam folat setiap hari untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil mencegah leukemia
  14. Mempercepat pertumbuhan otak pada janin
  15. Mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi
  16. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi
  17. Menyehatkan jantung janin
  18. Mempercepat proses pada saat persalinan dan banyak manfaat lainnya.

Cara sederhana memasukkan stroberi dalam diet Anda

Bagian terbaik bagaimana cara mengonsumsi stroberi selama kehamilan adalah bahwa buah ini sangat serbaguna dan dapat ditambahkan ke dalam diet dengan sangat mudah. Bahkan, Anda hampir tidak akan menemukan siapa pun yang dapat menahan diri untuk memanjakan buah super manis dan lezat ini.

  • Salah satu cara terbaik untuk memasukkan lebih banyak lagi dalam diet Anda adalah dapat mengonsumsinya dalam keadaan masih segar — dengan begitu, Anda akan mempertahankan sebagian besar rasa alami dan antioksidan dan serat penting yang membantu meningkatkan kesehatan.
  • Anda juga dapat mencoba smoothie stroberi atau milkshake yang sehat, atau menambahkan stroberi cincang ke mangkuk sarapan sereal Anda.
  • Ide bagus lainnya adalah membekukan stroberi yang telah diblender dalam cetakan es pop dan menikmatinya saat musim panas.

Siapa bilang diet kehamilan membosankan? Cukup pakai pemikiran Anda dan bereksperimenlah dengan makanan sehat untuk membuatnya menjadi pengalaman yang luar biasa dan lezat.

Hal yang perlu diingat saat makan stroberi selama kehamilan

Es krim dan kue rasa rasa stroberi harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas karena mengandung gula dan kalori yang tinggi. Jika membuat di rumah, jangan mencicipi adonan kue dan pastikan untuk menggunakan telur pasteurisasi untuk es krim buatan sendiri, untuk menghindari infeksi virus atau bakteri (misalnya, salmonella).

Soda stroberi buatan sendiri lebih aman daripada soda yang tersedia di pasaran karena yang terakhir mengandung kafein dan pemanis buatan yang dapat membahayakan janin.

Adakah efek buruk makan stroberi saat hamil?

Meskipun makan stroberi baik selama kehamilan, makan terlalu banyak stroberi dapat mengakibatkan beberapa efek buruk. Jika Anda mengembangkan ruam, gatal-gatal, diare, nyeri ulu hati, sakit perut atau gejala lain setelah memakannya, hentikan konsumsi stroberi dan segera hubungi dokter Anda.