Manfaat Sit Up yang Penting Diketahui

DokterSehat.Com – Sit up merupakan salah satu olahraga yang murh meriah, artinya olahraga gini tidak memerlukan biaya untuk membeli alat olahraga tertentu. Namun walaupun murah, olahraga ini memiliki banyak keuntungan. Keuntungan dari latihan tambahan untuk memepercantik bentuk perut dan memperkuat otot-otot perut serta mempercantik bentuk tubuh. Dikarenakan ketika Anda bersandar perut, lalu elemen tubuh yang berbeda secara bersama-sama akan bekerja sama.

7

Olahraga ini dapat berpusatpada otot-otot perut dan akan membakar tumpukaan kalori terbukti jika Anda melakukannya dengan benar. Dengan sit up dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh dan meningkatkan kekuatan otot. Dengan kadar testosteron rendah ini terkait dengan tekanan darah tinggi, osteoporosis, diabetes serta peningkatan lemak viseral pada pria maupun wanita.

Berikut ini manfaat sit up :

  1. Membakar lemak di Sekitar bagian perut
    Anda tentu mengetahui bahwa jenis latihan ini sangat efektif untuk membakar lemak di sekitar perut. Dengan latihan sit up secara teratur, timbunan lemak di bagian perut dan pinggul akan secara efektif berkurang. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi anda yang merasa memiliki perut yang buncit. Hasilnya, perut anda akan terlihat rata bahkan anda dapat membentuknya menjadi ideal seperti para atlet profesional.
  1. Mengencangkan otot
    Sebuah studi tahun 1998 yang dilakukan oleh peneliti dari Penn State University dan dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, bahwa testosteron itu konsisten dalam merespon otot. Serta sit up ini menggunakan otot-otot besar dada yaitu kelompok otot besar deltoid di bahu dan trisep. Dan juga otot lain termasuk otot perut yang bertindak sebagai stabilisator.
  1. Mencegah Osteoporosis
    Manfaat sit up yang lain adalah mencegah datangnya masalah tulang yang kita kenal sebagai osteoporosis. Hal ini terbukti dari beberapa penelitian ilmiah yang dikakukan oleh para ahli. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Hormone Foundation. Dari hasil penelitian yang dilakukan, latihan sit up ternyata mampu memicu berkembangnya hormon testosteron. Hormon ini sendiri sangat terkait dengan masalah tulang tersebut. Dengan meningkatnya produksi hormon testosteron, resiko osteoporosis akan dapat dihindari lebih dini terutama bagi kaum pria.
Baca Juga:  Tips Mengatasi Sembelit Pasca Melahirkan

Selain tiga manfaat utama di atas, masih banyak manfaat sit up yang lain yang dapat anda peroleh. Salah satunya, dengan melakukan latihan ini secara teratur, anda akan mendapatkan umur yang panjang. Hal ini disebutkan dalam beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir. Tentu saja, ada faktor lain seperti pola makan, gaya hidup, dan juga pola istirahat anda sehari-hari yang berpengaruh terhadap kesehatan dan umur anda.

Yang perlu anda ingat jika anda berniat untuk melakukan latihan ini secara rutin, anda harus memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anda. Pastikan makanan yang anda konsumsi benar-benar bergizi seimbang agar latihan anda akan menghasilkan hasil yang optimal. Selain itu, anda juga perlu mengenali beberapa variasi latihan yang berbeda. Dalam hal ini, anda dapat mempelajarinya melalui berbagai sumber. Jika tidak, anda perlu menghubungi orang yang benar-benar ahli dalam masalah ini, misalnya instruktur senam. Nikmati latihan ini dengan tidak memaksakan diri. Tujuannya adalah agar manfaat sit up yang anda lakukan akan bertahan selama yang anda inginkan. Selamat berlatih dan semoga hidup anda menjadi semakin sehat dan indah.