Ini yang Terjadi Jika Kita Makan Telur 12 Butir dalam Seminggu

doktersehat-masker-telur

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar mitos yang menyebutkan bahwa makan telur terlalu banyak bisa memicu bisulan atau jerawatan, bukan? Sayangnya, kita seperti tidak bisa menolak lezatnya rasa dari telur yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan ini.

Lantas, apa yang akan terjadi jika kita mengonsumsi telur hingga 12 butir dalam seminggu?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition memberikan fakta menarik. Meskip mengonsumsi telur hingga 12 butir dalam 7 hari sepertinya terlalu berlebihan dan bisa berbahaya, hal ini ternyata tidak akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Uniknya, penderita diabetes yang dikenal luas tidak boleh mengonsumsi makanan secara sembarangan juga diperbolehkan mengonsumsi telur dalam jumlah tersebut.

7 partisipan yang menderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi telur dengan jumlah sebanyak itu tidak mengalami efek samping yang selama ini ditakutkan seperti peradangan, peningkatan kadar glukosa darah, atau peningkatan risiko kardiometabolik.

Dalam penelitian yang dilakukan selama satu tahun ini disebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi telur hingga 12 butir dalam sepekan cenderung mengalami penurunan berat badan. Angkanya setara dengan mereka yang mengonsumsi telur dua butir saja dalam sepekan.

Hasil penelitian ini membantah National Health Foundation yang selama ini hanya merekomendasikan unmtuk mengonsumsi telur sebaiknya dibatasi 6 butir dalam seminggu. Adanya penelitian baru ini membuat kita bisa dengan lebih bebas mengonsumsi makanan enak yang satu ini.

Meskipun begitu, selalu imbangi konsumsi telur dengan makanan sehat lain, seperti sayur dan buah-buahan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.