Inilah Alasan Mengapa Serabut Putih pada Jeruk Jangan Dibuang

doktersehat-serabut-jeruk
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan sangat bagus untuk tubuh. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada jeruk mampu membantu seseorang untuk mengobati sariawan, atau masalah kulit lainnya. Selain itu, jeruk juga memiliki rasa yang cukup segar karena mengandung cukup banyak air. Tak jarang orang mengonsumsi buah ini dengan cara dijadikan sebagai jus atau dionsumsi secara langsung.

Ketika mengonsumsi buah jeruk, sebagian besar orang akan membersihakan serabut putih yang menempel pada buah jeruk. Padahal, serabut tersebut ternyata juga memiliki manfaat baik bagi tubuh jika mengonsumsinya langsung dengan buah jeruk. Serabut ini dikenal dengan nama albedo yang berfungsi sebagai pelindung dalam buah jeruk. Berikut ini adalah 3 manfaat serabut jeruk, diantaranya:

1. Kaya Antioksidan

Serabut jeruk ini ternyata kaya akan antioksidan. Seperti yang Anda ketahui bahwa antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalam serabut jeruk juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, serabut jeruk juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes sebab dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Kaya Serat

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung serat. Namun, jika serabut jeruk Anda buang, maka sekitar 30 persen serat dalam jeruk juga akan ikut terbuang. Hal ini dikarenakan serabut jeruk ternyata kaya serat. Jenis serat yang terkandung di dalam serabut jeruk adalah pektin yang berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan.

3. Sumber Vitamin C

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jeruk merupakan sumber vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C tidak hanya terdapat di dalam daging buah jeruk saja, melainkan terdapat pada serabut jeruk, bahkan jumlahnya juga hampir sama. Untuk itu, jika Anda membuang serabut jeruk ketika sedang mengonsumsi jeruk, maka sama saja Anda juga membuang sebagian vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk tersebut.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik