Manfaat Sehat Nasi Putih

DokterSehat.Com – Nasi putih adalah salah satu makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, terdapat sebuah kelakar yang berkembang luas di masyarakat dimana jika belum mengkonsumsi nasi putih, maka mereka pun merasa belum makan sama sekali meskipun sudah mengkonsumsi roti atau beberapa jenis makanan mengenyangkan lainnya. Sayangnya, kini nasi putih mendapatkan reputasi buruk karena bisa dianggap sebagai salah satu pemicu masalah obesitas dan kerap kali tidak direkomendasikan oleh beberapa tips diet penurun berat badan. Padahal, dalam realitanya nasi putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh layaknya sebagai berikut.

doktersehat-nasi-putih

Berbicara tentang nasi putih tentu tidak akan lepas dari kemampuannya sebagai sumber energi yang sangat baik bagi tubuh. Nasi terdiri dari karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap oleh tubuh. Konsumsi nasi putih, khususnya saat sarapan pagi akan membuat kita mendapatkan energi yang cukup untuk beraktifitas seharian. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika kita tidak bisa asal sembarangan menghilangkan asupan nasi putih hanya karena ingin menurunkan berat badan. Jika hal ini dilakukan, kesehatan tubuh justru bisa mengalami masalah.

Nasi putih juga memiliki peran besar dalam pembentukan tubuh karena selain protein, tubuh juga memerlukan bantuan karbohidrat dan asam amino yang bias ditemukan dari nasi putih. Banyak pakar olahraga yang menyebutkan pentingnya asupan nasi putih sebagai sumber energi setelah berolahraga. Nasi putih juga dianggap sebagai salah satu obat alami bagi masalah pencernaan layaknya maag, sakit perut mulas, hingga diaer. Asupan karbohidrat sederhana dari nasi putih diyakini mampu membuat masalah pencernaan tersebut menjadi lebih reda dan mempercepat masa penyembuhan.

Nasi putih akan menjadi kurang baik bagi kesehatan jika kita tidak bisa mengendalikan porsinya setiap hari. Pakar kesehatan sudah berkali-kali menyerukan pentingnya asupan makanan dengan gizi yang seimbang alih-alih dengan menghilangkan salah satu atau beberapa asupan makanan, layaknya nasi putih. Dengan konsumsi nasi putih yang seimbang, kita pun akan tetap sehat dan tetap mendapatkan energi yang cukup setiap hari.