Manfaat Rutin Memotong Kuku

DokterSehat.Com – Banyak sekali orang menyepelekan kegiatan memotong kuku dan membiarkannya panjang. Memang, kuku yang panjang bisa terlihat lebih cantik. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika sebaiknya kuku berada dalam kondisi yang cukup pendek. Berikut adalah beberapa manfaat memotong kuku bagi kesehatan tubuh kita.

doktersehat-kuku-patah-kuteks

Dengan memotong kuku, hal pertama yang tentu akan kita dapatkan adalah kuku akan lebih terjaga kebersihannya. Meskipun tidak secantik penampilan kuku yang panjang, kuku yang pendek dan teratur akan lebih bersih dan tidak bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri bernama tinea. Tahukah anda, bakteri tinea adalah bakteri yang bisa membuat masalah kuti air, ruam-ruam kemerahan pada kuku, atau penyakit yang membuat kutu kuning.

Tanpa kita sadari, kuku yang panjang memiliki resiko mendapatkan cedera. Sebagai contoh, saat kita tanpa sengaja menggaruk kulit saat gatal-gatal, tajamnya kuku yang panjang bisa memicu lecet-lecet. Selain itu, kuku yang panjang akan beresiko mengalami patah jika terbentur benda keras yang tentu terasa sangat menyakitkan atau bahkan meninggalkan bekas gelap di bagian dalam kuku.
Pernahkah anda mendengar masalah kuku tumbuh ke dalam? Dalam dunia medis, masalah kuku ini disebut sebagai onychocryptosis dan bisa menimbulkan pembengkakan, rasa sakit yang luar biasa, hingga kemudian infeksi. Masalah kuku tumbuh ke dalam ini sering terjadi karena kita jarang memotong kuku dengan teratur.

Bagi jari-jari kaki, memotong kuku juga sebaiknya dilakukan secara teratur. Hal ini dikarenakan kaki kerap kali tertutup dengan alas kaki layaknya sepatu yang tentu bisa membuat kuku menjadi lebih lembab dan tidak bisa bernafas. Kondisi ini bisa menyebabkan adanya pertumbuhan bakteri pada kuku, apalagi jika kuku cenderung panjang. Untuk menghindari masalah ataupun infeksi, tentu ada baiknya kuku dipotong hingga cukup pendek dan rapi.