Selain Menyehatkan, Inilah 3 Manfaat Mengajarkan Renang Kepada Anak Sejak Dini

doktersehat-anak-kecil-renang
Photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Renang adalah salah satu cabang olahraga air yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Renang sendiri sering diartikan sebagai upaya menggerakkan badan di atas permukaan air sehingga seseorang tidak tenggelam.

Renang terbilang sebagai olahraga yang menggunakan seluruh otot dan organ tubuh dalam melakukannya, terutama pada bagian kaki dan tangan untuk dapat bergerak di atas permukaan air. Selain itu, renang juga bisa membentuk mental seseorang menjadi lebih pemberani, maka tak heran banyak orang yang mengajarkan renang kepada anaknya sejak usia dini.

Lantas, apa saja manfaat mengajarkan renang kepada anak sejak usia dini? Berikut diantaranya:

1. Membentuk Tubuh yang Ideal

Banyak pakar yang menyebutkan bahwa renang adalah olahraga yang perlu diajarkan kepada anak kecil untuk pembentukan tubuhnya. Sebab, biasanya anak yang diajarkan renang sejak dini akan memiliki otot yang aktif sehingga saat dewasa nanti memiliki tubuh yang ideal dan proporsional. Maka tak heran, jika banyak atlet renang yang tubuhnya tinggi berisi.

2. Beradaptasi di Air

Selain membentuk tubuh agar lebih ideal, renang pun bisa digunakan sebagai metode adaptasi. Pasalnya, tidak sedikit kasus anak kecil tenggelam pada kolam atau wilayah air lainnya. Maka dari itu, ketika Anda mengajarkan renang kepada anak sedari kecil, maka akan memberikannya teori dasar agar bisa beradaptasi dengan air jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak terduga.

3. Membentuk Mental

Ketika renang, seseorang dilatih untuk menjadi berani. Sebab, jika seseorang memiliki rasa takut dan grogi, maka dia tidak akan bisa berenang walau di kolam dangkal sekalipun. Nah, renang sendiri salah satu bentuk latihan mental yang terbilang ampuh guna mengajarkan keberanian sejak dini kepada anak Anda.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik