Manfaat Propolis untuk Perawatan Kulit

khasiat-propolis-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Anda pasti sudah sering mendengar tentang propolis. Dalam beberapa tahun terakhir, propolis mulai populer di kalangan masyarakat karena bahan ini banyak ditambahkan dalam produk kesehatan dan kecantikan. Pasalnya, propolis diketahui memiliki banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kulit.

Propolis yang juga sering dikenal sebagai ‘Lem Lebah’ adalah gel lengket yang dihasilkan oleh lebah propolis di dalam sarangnya. Dengan menggunakan daun pohon dan bunga tertentu, lebih menghasilkan propolis yang ternyata banyak memiliki manfaat luar biasa. Sedangkan untuk kulit Anda, berikut ini manfaat propolis yang wajib Anda ketahui.

1. Anti Penuaan

Propolis kaya akan kandungan mineral yang penting untuk membangun kembali sel-sel kulit yang rusak. Anti oksidan yang terkandung dalam propolis juga akan membantu kulit melawan oksidan yang setiap hari merusak kulit Anda, mulai dari polusi, sinar UV, junk food, serta bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan Anda. Dengan demikian, kulit Anda akan terlindungi lebih lama.

2. Melembapkan kulit

Propolis memiliki sifat melembapkan yang sangat kuat. Dengan menggunakan propolis, Anda akan mendapatkan kulit lembut dan lembap. Anda bisa mendapatkan efek menenangkan dengan propolis ketika kulit Anda mengalami masalah seperti kulit kering, eksim atau psoriasis.

3. Mengatasi jerawat

Saat Anda mengalami masalah jerawat, ada baiknya Anda mencoba bahan alami untuk merawat masalah tersebut. Penelitian menyebutkan bahwa propolis dapat membunuh bakteri termasuk Propionibacterium Acnes (atau P.Acne) yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

4. Menyamarkan bekas luka

Stretch mark, bekas jerawat, hingga bekas operasi dapat diredakan menggunakan propolis. Anti-oksidan yang ditemukan pada propolis tidak hanya bisa bekerja sendiri, tapi juga meningkatkan kinerja anti-oksidan yang ditemukan dalam tubuh. Kombinasi dua hal tersebut akan mendorong penyembuhan, menyamarkan bekas luka dan meningkatkan sirkulasi darah.

Dengan manfaat luar biasa seperti yang disebut di atas, tidak heran jika propolis ditambahkan dalam berbagai produk perawatan kesehatan dan kulit. Nah, Anda bisa mencoba produk yang mengandung propolis untuk mendapatkan manfaatnya.