Manfaat Pelukan Ini Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

DokterSehat.Com– Apa yang akan anda rasakan saat memeluk orang yang terkasih atau anggota keluarga? Hal pertama yang tentu akan kita rasakan adalah rasa hangat dan nyaman. Tak disangka, pelukan ternyata bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Sebagai contoh, pelukan bisa mengatasi stress, kecemasan berlebihan, dan gelisah. Berikut adalah manfaat kesehatan lain yang bisa kita dapatkan karena mendapatkan pelukan.

doktersehat-pasangan-couple

Mencegah infeksi
Profesor Sheldon Cohen dari Carnegia Mellon University Amerika Serikat menyebutkan bahwa kerap mendapatkan pelukan dari orang-orang tersayang akan menurunkan resiko terkena infeksi. Hal ini disebabkan oleh rendahnya level stress pada tubuh yang berimbas pada minimnya resiko terkena infeksi.

Baik bagi kesehatan jantung
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan berpelukan, maka kita akan mendapatkan manfaat yang setara layaknya saat melakukan olahraga lari, yakni tekanan darah yang semakin stabil dan irama jantung yang lebih teratur. Hal ini disebabkan oleh minimnya kegelisahan dan stress pada tubuh yang memicu penurunan kadar hormon kortisol atau hormon stress yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

Meningkatkan kadar hormon oksitosin
Tak hanya menurunkan kadar hormon kortisol, berpelukan juga akan meningkatkan kadar hormon oksitosin atau hormon cinta. Adanya hormon ini akan membuat kita merasa lebih bahagia, lebih berenergi, dan lebih bersyukur. Pikiran dan tubuh akan menjadi lebih tenang, tekanan darah semakin stabil, dan mencegah datangnya rasa sakit.

Memperbaiki kepuasan berhubungan intim
Pakar kesehatan Anik Debrot dari Cignition and Affect Regulation Laboratory, University of Lusanne, Swiss, menyebutkan bahwa dengan berpelukan saat dan setelah berhubungan intim, maka pasangan akan merasakan kepuasan lebih baik saat melakukannya dan akan menambah rasa bahagia sekaligus menjaga keharmonisan pasangan.

Baca Juga:  Memeluk Anak Ternyata Sangat Besar Manfaatnya

Melihat adanya fakta ini, sering-seringlah berpelukan dengan orang yang terkasih agar lebih sehat, ya.