Manfaat Paprika Bagi Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Paprika adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki warna dan bentuk yang menarik. Salah satu sayuran yang termasuk dalam keluarga terong-terongan ini memiliki rasa yang cenderung manis dan sedikit pedas sehingga cukup banyak disukai oleh banyak orang. Sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan kandungan karoten ini ternyata sangat baik untuk dikonsumsi, khususnya bagi penderita diabetes.

doktersehat-paprika-merah

Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes harus banyak mengubah pola makannya untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Banyak sekali jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes termasuk beberapa jenis sayuran. Untungnya, paprika ini justru masih bisa dikonsumsi penderita diabetes dan justru dianggap mampu membantu pengendalian kadar gula darah. Paprika memiliki kandungan yang disebut sebagai anthocianin. Anthocianin ternyata mampu membuat dua enzim pencernaan yang disebut sebagai lipase dan alpa glukosidase melambat. Enzim alpa glukosidase memiliki fungsi memecah karbohidrat untuk menjadi gula dan enzim lipase mentransformasi lemak agar menjadi asam lemak. Dengan membuat dua enzim tersebut melambat, maka konsentrasi gula dalam darah pun menjadi lebih berkurang dan lebih bisa dikendalikan.

Paprika memiliki kandungan rendah kalori dan capsaicin ternyata sangat baik untuk membantu percepatan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi paprika dan disertai dengan olahraga teratur, maka penderita diabetes pun akan lebih baik dalam mengendalikan kadar gula darah. Pakar kesehatan berkata bahwa paprika segar dengan warna yang kuning akan jauh lebih baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Paprika juga kaya akan kandungan antioksidan. Adanya kadar phytochemical akan membuat banyak radikal bebas terbuang dari tubuh. Tahukah anda, banyak radikal bebas yang bermunculan di tubuh karena stress. Padahal, jika kadar gula darah meningkat tak terkendali layaknya pada penderita diabetes, maka stress pun bisa menyerang dengan mudah. Dengan mengkonsumsi paprika, penderita diabetes pun akan tidak mudah terkena stress sekaligus menurunkan resiko terkena berbagai komplikasi kesehatan yang disebabkan oleh radikal bebas.