Manfaat Olahraga Lompat Tali (Skipping)

DokterSehat.Com – Selain lari, ada olahraga lain yang sangat mudah dilakukan dan bermanfaat bagi kesehatan. Itulah lompat tali, atau sering disebut dengan skipping. Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja.



Berikut ini manfaat lompat tali :

  1. Membakar sejumlah kalori
    Olahraga lompat tali atau skipping yang dilakukan selama 30 menit dapat membakar sejumlah 600 hingga 800 kalori. Hal tersebut tentu saja sangat membantu program menurunkan berat badan yang sedang Kamu lakukan. Semakin lama Kamu melakukan lompat tali maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.
  1. Melatih otot
    Olahraga lompat tali dilakukan dengan melibatkan berbagai otot di tubuh Kamu, diantaranya adalah otot lengan, bahu, dada, betis dan otot lutut. Hebatnya, lompat tali adalah salah satu latihan yang dapat melatih otot bagian tubuh atas dan bagian tubuh bawah, so maksimalkan usahamu dalam melatih otot dengan melakukan olahraga lompat tali.
  1. Menurunkan berat badan
    Skipping jika dilakukan secara teratur, maka sejumlah kalori di tubuh Kamu akan dibakar sehingga cadangan lemak yang disimpan dalam jaringan lemak di beberapa bagian tubuh akan diambil. Dengan demikian beberapa bagian tubuh Kamu akan mulai menunjukkan penurunan bobot, alhasil bobot badan Kamu secara keseluruhan pun akan berkurang.
  1. Mengurangi resiko Osteoporosis
    Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Osteoporosis Society di Inggris diketahui bahwa olahraga lompat tali atau skipping yang dilakukan rutin selama masa hidup seseorang akan membuat orang tersebut memiliki resiko yang kecil untuk mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dan, olahraga lompat tali akan melindungi dirinya dalam melawan osteoporosis. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka Kamu bisa melakukan lompat tali 2 sampai 5 menit setiap harinya.
  1. Meningkatkan stamina, kelenturan, koordinasi dan keseimbangan tubuh
    Olahraga seperti lompat tali jika dilakukan secara rutin juga akan berkontribusi dalam peningkatan stamina, kelenturan, koordinasi dan keseimbangan tubuh seseorang.
  1. Olahraga lompat tali mengkombinasikan irama gerakan dan ketepatan waktu
    Hal ini akan membuat otak bekerja cepat dan tepat dalam mengkalkulasi gerakan dan waktu yang tepat untuk melompat, berarti dengan melakukan gerakan lompat tali maka Kamu melatih otak Kamu agar terbiasa bekerja dengan cepat dan tepat. Dengan kata lain, olahraga lompat tali akan meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh, memperbaiki kemampuan gerak reflex dan keseimbangan tubuh, seperti yang telah dikatakan di atas.