Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Dokter Sehat – Buah nanas adalah buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam, buah ini berasal dari negara-negara tropis seperti Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Nanas mungkin tidak sepopuler buah apel,jeruk, dan pisang, tapi nanas memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah hebatnya dengan buah-buahan tersebut.



Berikut Ini Adalah Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Tubuh:

1. Mencegah Kembung
Nanas memiliki kandungan bromelain, yaitu zat yang bisa membantu memecah makanan sehingga mampu mengurangi kembung pada perut. Selain itu, zat ini juga dapat mengurangi peradangan pasca operasi, mengurangi rasa nyeri, dan meredakan pembengkakan hidung.

2. Membantu Mencegah Kanker
Karsinogenik yang terkandung dalam buah nanas dapat mencegah terjadinya kanker, zat karsinogenik berperan melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Banyaknya sel-sel yang rusak di dalam tubuh bisa menyebabkan penuaan dini dan dapat menyebabkan datangnya berbagai penyakit.

3. Membantu Kesehatan Tulang
Nanas mengandung mineral-mineral penting seperti kalsium dan mangan yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan memperkuat jaringan ikat, mangan berperan penting untuk menjaga fungsi saraf dan otak.

4. Mencegah Penggumpalan Darah
Buah nanas juga dapat mencegah penggumpalan darah, nanas memiliki peran dalam memproduksi hemoglobin didalam tubuh. Nanas mengandung tembaga, jika tubuh mengalami kekurangan zat ini maka bisa menyebabkan anemia, penurunan kadar sel darah putih, masalah tiroid, dan osteoporosis.

5. Melawan Radikal Bebas
Nanas mengandung vitamin C yang sangat tinggi, vitamin C berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi risiko atherosclerosis, kanker usus besar, dan peradangan pada sendi.

Baca Juga:  Bahan Makanan Ini Sangat Baik Bagi Penderita Nyeri Sendi

6. Mengatasi Ketombe
Nanas dapat dipakai untuk mengatasi ketombe, caranya adalah siapkan seperempat bagian nanas yang sudah masak. Kupaslah kulitnya, parut, peras, dan kemudian disaring. Tambahkan air panas dengan air perasan dari satu buah jeruk nipis kemudian di aduk sampai rata, lalu di gosokan ke kulit kepala yang berketombe. Lakukan cara ini sebelum tidur dan dibersihkan dengan berkeramas keesokan harinya. Lakukan 2 hingga 3 hari dalam seminggu.