Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kesehatan Vagina

vagina-doktersehat
Photo Credit: WellBeing

DokterSehat.Com – Ada beberapa gangguan vagina yang kerap dialami oleh wanita. Gangguan yang paling sering adalah keputihan abnormal. Kondisi ini terjadi akibat infeksi bakteri sehingga rongga dari vagina mengeluarkan cairan yang berbau busuk dan sangat kental.

Selain keputihan dan aneka gatal yang disebabkannya, wanita juga kerap alami gangguan berupa vagina kering. Kondisi ini menyebabkan wanita sudah menghasilkan cairan pelumas. Akibatnya, saat berhubungan badan mereka sering merasakan sakit.

Kalau Anda merasa memiliki gangguan vagina kering, coba manfaatkan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. Minyak itu akan memberikan banyak manfaat yang beberapa di antara bisa disimak di bawah ini.

1. Melembapkan rongga vagina

Sensasi yang diberikan oleh minyak kelapa asli adalah dingin dan licin. Rasa ini akan memberikan rasa nyaman pada wanita yang sering alami kekeringan vagina. Minyak kelapa ini bisa digunakan sebagai pelumas tambahan kalau pasangan ini berhubungan badan.

Rasa lembut dan licin yang diberikan oleh minyak kelapa akan menurunkan gesekan. Efeknya, wanita akan merasakan kenikmatan saat bercinta dengan pasangan.

2. Mencegah munculnya infeksi

Vagina yang kering biasanya rawan terkena infeksi yang berbahaya. Kalau Anda merasakan gatal atau perasaan tidak nyaman pada vagina, gunakan minyak kelapa murni yang bening dan tidak berwarna kuning. Oleskan minyak secara merata dan nikmati manfaatnya secara nyata.

3. Menghidrasi area vagina

Kekeringan vagina akibat menopause biasanya terjadi akibat penurunan kadar hormon estrogen. Kondisi ini bisa sedikit diatasi dengan mengoleskan minyak kelapa secara rutin.

Bagian vagina yang kering akan perlahan-lahan membaik. Flora normal yang ada di dalam vagina juga sehat sehingga infeksi bisa dihindari.

Nah, inilah manfaat dari minyak kelapa untuk kesehatan vagina. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk perawatan organ kewanitaan.