Manfaat Minyak Kelapa Bagi Perawatan Tubuh

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar kata minyak kelapa, maka hal pertama yang akan terlintas dalam pikiran kita tentu saja adalah sebuah minyak yang bisa dipakai untuk memasak makanan sepanjang hari. Minyak kelapa memang dianggap sebagai minyak yang sehat untuk dikonsumsi. Namun, tahukah anda, minyak kelapa ternyata juga bisa membawa kebaikan lain selain sebagai salah satu bahan pembuat makanan. Kini, banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan minyak kelapa sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan tubuh.



Tahukah anda, minyak kelapa ternyata bisa menjadi salah satu bahan lulur yang akan sangat efektif untuk merawat kulit yang kasar pada lutut dan siku. Campurkan minyak kelapa dengan garam laut dengan perbandingan yang seimbang dan gunakan bahan ini sebagai lulur yang dioleskan ke seluruh kulit tubuh. Banyak terapi kecantikan yang kini memakai bahan campuran ini sebagai minyak pijatan mengingat kemampuannya untuk menghilangkan sel kulit mati sekaligus membuat kulit menjadi lebih ternutrisi dan lembab. Selain sebagai bahan campuran, minyak kelapa sendiri bisa dioleskan ke seluruh tubuh sebelum mandi. Gunakan minyak kelapa yang sudah dibekukan untuk terapi ini dan setelah seluruh tubuh terolesi, mandilah dengan sabun hingga rasa licin pada kulit menghilang. Trik ini akan membuat kulit terjaga kelembabannya dan menjadi lebih sehat.

Bagi area wajah, minyak kelapa ternyata bisa dipakai untuk membersihkan make-up. Gunakan kapas yang telah dibahasi minyak kelapa hangat untuk diusapkan ke wajah hingga semua make-up berhasil dibersihkan. Setelah itu, bilaslah wajah dengan air hangat hingga rasa licin pada kulit menghilang. Wajah pun akan kembali bersih dan kelembaban kulit wajah akan terjaga. Selain itu, cobalah untuk memakai minyak kelapa untuk dioleskan pada area mata, khususnya pada bagian bawah mata, setiap malam sebelum tidur. Trik ini diyakini mampu membuat kulit mata terbebas dari masalah keriput dan tetap kencang sehingga tidak mudah mengendur.

Baca Juga:  Gara-Gara Pokemon Go, Remaja Asal Inggris Ini Harus Dirawat di Rumah Sakit

Minyak kelapa juga bisa dipakai untuk merawat rambut. Minyak kelapa hangat yang sudah berbentuk cair bisa dipakai setelah rambut dikeramasi. Oleskan minyak kelapa ini hingga ke seluruh rambut dan kulit kepala dan kemudian diamkan selama lima menit. Sebelum disiram, cobalah untuk memakai shampoo untuk berkeramas kembali dan kemudian bilas hingga bersih. Trik ini diyakini mampu membuat kulit kepala dan rambut terjaga kelembabannya, serta terbebas dari masalah ketombe.