Mengenal Minyak Bergamot dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

doktersehat-manfaat-minyak-bergamot
Photo Credit: Pexels.com/ Mareefe

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak esensial. Minyak esensial merupakan minyak yang diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan mau pun bagian dari hewan tertentu. Namun, mayoritas minyak esensial dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan seperti bergamot. Bergamot sendiri merupakan salah satu buah-buahan yang termasuk ke dalam kelompok citrus seperti jeruk.

Dilansir dari laman Organic Facts, bergamot merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan biasa digunakan sebagai minyak aromaterapi. Namun, seperti buah yang tergolong ke kelompok citrus, bergamot juga mengandung beragam bahan aktif yang baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit.

1. Menyembuhkan Kulit dalam Waktu Singkat

Salah satu kandungan bahan aktif pada bergamot adalah cicatrizant. Cicatrizant merupakan bahan yang ampuh menstimulasi proses penyembuhan kulit secara alami. Sebagai tambahan informasi, kandungan cicatrizant akan memperbaiki jaringan tisu pada kulit yang rusak dan menstimulasi sel kulit baru untuk menggantinya. Tidak heran jika penggunaan minyak bergamot dapat untuk menghilangkan bekas luka.

2. Mencerahkan Kulit

Dilansir dari laman Organic Facts, minyak bergamot juga tergolong ke dalam minyak esensial yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Bahkan, minyak bergamot dapat menekan produksi melanin, salah satu bahan yang berperan penting dalam penciptaan warna kulit. Jadi, jangan heran jika produk perawatan dengan kandungan minyak bergamot akan menjadikan kulit lebih cerah dan memudarkan noda-noda pada kulit.

Minyak bergamot sendiri sudah banyak diproduksi oleh sejumlah merk produk perawatan kulit herbal. Namun, tidak jarang pula minyak satu ini digunakan sebagai salah satu bahan tambahan pada sebuah produk perawatan kulit. Sebagai tambahan informasi, penggunaan minyak bergamot pada kulit ternyata juga dapat mencegah kulit terserang stress, lho!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik