Mengenal Manfaat Minyak Benzoin untuk Perawatan Kulit

DokterSehat.Com– Anda yang gemar menggunakan bahan-bahan alami tentu tidak akan melewatkan sejumlah minyak esensial dengan kandungan bahan yang berlimpah. Salah satunya adalah minyak benzoin yang diklaim memberikan beragam manfaat baik untuk merawat kesehatan kulit. Bicara soal jenis minyak satu ini, minyak benzoin merupakan minyak esensial dengan warna cairan yang keemasan, wangi dan kental. Minyak benzoin sendiri dibuat dari ekstrak pohon benzoin yang memiliki nama ilmiah styrax benzoin. Kendati kerap digunakan sebagai minyak pijat, ternyata minyak benzoin juga bermanfaat untuk:

1. Mencegah Infeksi Kulit

Mengalami luka terbuka pada kulit memang membuat Anda kerap cemas. Apalagi luka yang terinfeksi bakteri, mikroba mau pun jamur dapat menjadikan kulit mengalami breakout atau bahkan kondisi yang lebih serius lagi. Dilansir dari laman Organic Facts, minyak benzoin mengancung zar anti septik yang dapat membasmi bakteri, jamur dan mikroba penyebab infeksi.

2. Mengecilkan Pori-Pori

Anda yang memiliki jenis kulit berminyak tentu sudah tidak asing lagi dengan pori-pori yang berukuran besar. Kondisi tersebut tidak hanya mengganggu penampilan. Namun, juga memicu produksi sebum berlebih yang akhirnya menyebabkan komedo atau bahkan jerawat. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengaplikasikan minyak benzoin. Minyak esensial satu ini dapat bekerja sebagai astringent yang dapat menyegarkan kulit, menyerap kelebihan sebum serta mengecilkan pori-pori kulit.

3. Meredakan Peradangan

Saat kulit tidak cocok dengan bahan-bahan tertentu atau udara yang terlalu kotor, tidak jarang kulit akan meradang. Radang tidak hanya ditunjukkan dengan gejala ruam saja, tetapi juga sering disertai dengan rasa gatal dan nyeri. Kondisi yang demikian tentu akan membuat siapa saja tidak nyamam. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk meredakan peradangan dan ruam yang ada dengan menggunakan minyak benzoin.

Minyak herbal satu ini dapat dibeli di sejumlah toko bahan herbal. Tidak hanya ampuh mengatasi sejumlah penyakit dalam yang cukup serius, minyak benzoin juga dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat dan terawat.