Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Susu adalah salah satu produk olahan protein hewani yang berasal dari sapi, susu merupakan produk komersil yang saat ini sangat mudah untuk ditemukan. Susu identik dengan hasil perahan sapi, namun sekarang olahan susu sudah banyak didapatkan dari sumber protein lain, seperti manfaat susu kedelai yang mengandung protein nabati. Ada beberapa informasi yang tidak akurat yang berkembang pada masyarakat umum tentang dampak negatif susu, padahal manfaat susu sangat baik untuk kesehatan dan sejumlah manfaat lainnya.



Manfaat susu bagi kesehatan

  • Kecantikan kulit
    Cleopatra mandi susu untuk membantu kulitnya agar tetap lembut, kenyal dan bercahaya. Andapun juga dapat melakukan hal yang sama, atau Anda hanya minum beberapa gelas susu setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Susu memiliki beberapa nutrisi yang membantu kulit untuk terlihat terbaik. Susu mengandung asam laktat yang dapat bertindak sebagai exfoliant yaitu enzim yang membantu untuk kulit agar halus. Susu juga mengandung  asam amino yang akan membantu melembabkan kulit. Susu juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit dari racun lingkungan. Akat tetapi, jika Anda memiliki alergi terhadap susu atau produk susu, susu justru dapat memperburuk kulit Anda.
  • Kesehatan tulang dan gigi
    Susu merupakan sumber kalsium, yaitu yang penting untuk kesehatan tulang. Tidak hanya anak-anak yang membutuhkannya saat tulang mereka tumbuh, orang dewasa juga membutuhkannya untuk menjaga tulang yang kuat dan untuk mencegah osteoporosis. Susu ini juga bagus untuk gigi yang kuat, dan membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang. Agar kalsium bisa diserap oleh tubuh, vitamin D juga harus didapat. Jika Anda kekurangan vitamin D, maka dapatkan susu yang diperkaya ekstra dengan vitamin D , untuk memastikan bahwa tubuh Anda dapat menyerap kalsium.
  • Memulihkan otot
    Susu mengandung protein, yang membantu untuk membangun kembali otot. Minum segelas susu setelah habis berolahraga, maka tubuh akan mendapatkan protein untuk memulihkan otot setelah beraktifitas. Susu juga akan membantu untuk mencegah rasa sakit pada perut, serta menambah cairan yang hilang karena latihan.
  • Menjaga berat badan
    Studi menunjukkan bahwa wanita yang minum susu rendah lemak atau susu skim dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada  mereka yang tak minum. Susu adalah minuman pembuka sebelum makan makanan sehat. Tambahkan segelas susu untuk makan malam, atau minum segelas susu sambil makan sepotong buah.
  • Mengurangi stres
    Susu adalah cara yang bagus untuk membantu mengusir stres setelah lelah seharian. Segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan dapat menenangkan saraf. Susu juga telah terbukti dapat mengurangi gejala PMS (sindrom pra menstruasi) dan dapat meningkatkan energi. Jika Anda merasa letih, cobalah minum segelas susu saat Anda sedang rileks sambil berendam mandi busa.
  • Menyehatkan tubuh
    Susu memiliki sifat menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke. Susu akan  mengurangi produksi kolesterol, dan bisa bertindak sebagai antasida. Vitamin A dan B dalam susu akan membantu untuk membangun penglihatan yang baik. Susu juga telah menunjukkan dapat  membantu menurunkan risiko kanker tertentu.
Baca Juga:  Mitos dan Fakta Minyak Zaitun

Ada beberapa jenis susu yang ada di pasaran, seperti secara keseluruhan lemak, 2% lemak, rendah lemak dan hingga bebas lemak. Jika Anda khawatir dengan hormon pertumbuhan yang digunakan dalam susu, maka pilihlah susu organik organik. Dengan semua jenis susu yang tersedia, Anda harus dapat menemukan susu yang sesuai dengan diet dan kebutuhan gizi Anda.