informasi kesehatan


Manfaat Minum Air Es Setelah Makan

Manfaat Minum Air Es Setelah Makan

            

Doktersehat.com – Banyak orang beranggapan minum air es setelah makan bisa menyebabkan lemak menggumpal, sehingga tubuh akan jadi lebih gemuk atau perut menjadi buncit.Banyak orang beranggapan minum air es setelah makan bisa menyebabkan lemak menggumpal, sehingga tubuh akan jadi lebih gemuk atau perut menjadi buncit.

“Rasa dingin ini hanya akan terasa di tenggorokan saja, sehingga saat masuk ke dalam tubuh suhunya jadi suhu tubuh dan tidak menggumpalkan lemak,” bebernya.

Air es justru bikin tubuh langsing
Ditambahkan Hendry, sebenarnya air es justru membantu tubuh untuk lebih langsing meski Anda banyak makan. Minum air es setelah makan akan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak dibandingkan ketika minum air hangat. Ketika air dingin masuk ke dalam tubuh, secara tak langsung tubuh akan dipaksa untuk menetralkan suhu air tersebut melalui pembakaran lemak dalam tubuh.

Selain untuk menetralkan suhu air dingin dalam tubuh, tubuh yang terkena rangsangan air dingin ini akan bereaksi dan memulai usaha untuk menghangatkan badan, sehingga sebenarnya lemak dan kalori yang terbakar akan lebih banyak. Meskipun ketika minum air hangat kalori juga akan terbakar, namun ternyata tidak sebanyak ketika Anda minum air es.

“Hal ini bisa dianalogikan ketika kita berada di tempat yang bersuhu dingin, pasti akan terasa lapar terus-menerus. Tapi meski demikian, bobot tubuh tidak melonjak naik karena lemaknya digunakan untuk menghangatkan tubuh,” bebernya.

Salah satu hal yang banyak disalahartikan ketika minum air hangat setelah makan akan adalah keluarnya keringat yang dianggap sebagai tanda bahwa lemak sudah terbakar. Keluarnya keringat ini bukanlah tanda bahwa kalori sudah terbakar, melainkan lebih berfungsi untuk mendinginkan tubuh.

Sumber : kompas.health.com

pf button both Manfaat Minum Air Es Setelah Makan


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

20 Responses to “Manfaat Minum Air Es Setelah Makan”

  1. HETTI says:

    Ga betul juga,saolny satu rumah aku sudah seperti gajah semua gara2 gendut,padahal setiap selesai makan minun air es teruusssss….

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 14 Thumb down 10

  2. tomy says:

    Teory mana sie yg anda pake? Mngkin anda hobby minum es ya,,,,aku sndiri udah ngalami koq,,,,,

    Hot debate. What do you think? Thumb up 7 Thumb down 6

  3. tomy says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Poorly-rated. Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 8

  4. cacha says says:

    . iya betull kebukti kog berat badan q g naikk terlalu banyak pas aq lagi musim dingin di england…smua orang di sana malah banyak banyak mengkonsumsi makanan dan minuman dari kulkas….all buat yg komen dy atas…kalian bilang gitu karena dari awal memang kalian udah kelebihan berat badan…..truuss kalian gtw dehh mw ngluapin kekecewaan kalian ke sapa…mangkanya smua itu di jalani dengan teratur dan sugesti yg yakin bahwa hal itu dapat benar benar menurunkan berat badan anda..

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 14 Thumb down 1

  5. Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Poorly-rated. Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 5

  6. ayheka irma says:

    benar ni,,,..

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  7. Marlinda says:

    mungkin maksudnya air es yang gak pake gula. kalo itu saya setuju. tapi kalo es pake gula, ya tambah banyak kalori ny. coz suami saya, sering minum air putih dingin, tapi kagak gemuk.

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 9 Thumb down 1

  8. ve says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Poorly-rated. Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 3

  9. tha says:

    bener sih sebenernya, tapi intinya..air putih memiliki kalori nol (zero calorie) sehingga, baik air dingin atau air hangat atau air dengan suhu normal tidak akan berpengaruh sama sekali. ketika saya bersekolah di Frankfurt juga sarapannya keluar dari kulkas semua. yang membuat gemuk adalah ngemil dan makan makanan yang terlalu banyak jumlah karbohidratnya

    Well-loved. Like or Dislike: Thumb up 4 Thumb down 0

  10. bagus says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Poorly-rated. Like or Dislike: Thumb up 12 Thumb down 15

  11. anton says:

    Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Poorly-rated. Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 4

  12. Hidden due to low comment rating. Click here to see.

    Poorly-rated. Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 5

  13. Jefry says:

    saya malahan lebih suka minum teh setelah habis makan, ternyata masih lebih bagus minum air es dari pada teh ataupun air putih biasa

    disni lengkap sekali info2 tentang kesehatan

    Like or Dislike: Thumb up 3 Thumb down 0

  14. bayu says:

    Kalian diatas malah saling berkelahi masalah pendapat. Cari solusinya. Buktinya waktu jaman dulu belum ada lemari es orang2 tua dulu 90% memiliki badan kurus dan sekarang setelah ada lemari es 90% badan orang sekarang kurus juga. Kurus atau gemuk yg membedakan adalah “KESEHATANYA”

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  15. elly says:

    sebenarnya bukan apa yang kita minum sehabis makan tapi terletak pada apa yang kita makan dan campuran yg ada dlm minuman itu.
    bila makan sudah banyak mengandung lemak mnm es yang dicampur gula ya sama saja. konsumsi glukosa yang berlebihan juga bisa mengakibatkan kegemukan.

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  16. Iwan boy says:

    Yang kurang tepat yaitu kalo sudah makan gak minum,..trus yg pengen langsing kurangi makan ngemil,percuma sering minum es kalo makanya gak tahu yg namanya kenyang.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  17. sukasno says:

    penelitian dari mana tuh

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  18. jakub budi djatmiko says:

    Good article but it is detail enought

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0