Sebelum Diminum, Bekukan Dulu Jus Jeruk dalam Freezer

jus_jeruk_dingin_beku_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menyimpan jus jeruk yang baru saja mereka buat di lemari es atau freezer agar membuatnya menjadi lebih dingin atau lebih segar. Tak disangka, tindakan ini ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Seperti apakah manfaat tersebut?

Dilansir dari Daily Mail, jus jeruk yang didinginkan atau dibekukan ternyata memang jauh lebih sehat dibandingkan dengan jus yang dibiarkan dalam suhu ruangan. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tubuh manusia akan lebih baik menyerap antioksidan dari jus beku dibandingkan dengan saat mengonsumsi jus jeruk segar atau yang dipasteurisasi.

Saat dibekukan, elemen sehat dari jus jeruk akan berubah menjadi partikel kecil yang cenderung lebih mudah dicerna oleh usus. Partikel-partikel ini adalah karotenoid yang memiliki kemampuan dalam melawan kanker dan bisa diubah menjadi vitamin A. Karotenoid juga memiliki sifat anti peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh yang tentu akan membuat kita mencegah datangnya penyakit dengan lebih baik.

Dalam penelitian yang dilakukan di University of Seville, Spanyol ini, para ahli mempelajari bagaimana efek mengonsumsi jus jeruk yang dibekukan dan jus jeruk yang dipasteurisasi. Hasilnya adalah, kedua proses ini ternyata mempengaruhi kadar dan bentuk antioksidan pada jus jeruk. Diharapkan, hasil penelitian ini bisa menjadi patokan bagi produsen jus jeruk untuk mengolah produknya menjadi lebih sehat.

Dalam penelitian ini, para ahli juga mengecek bagaimana cara tubuh manusia menyerap kandungan dalam jus jeruk, termasuk antioksidan. Hasilnya adalah, meskipun jumlahnya menurun, karotenoid dalam jus jeruk yang dibekukan justru lebih banyak yang bisa diserap oleh tubuh sehingga bisa memberikan efek kesehatan yang lebih baik.