Manfaat Mentimun bagi Penderita Darah Tinggi

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak mengenal penyakit darah tinggi. Darah tinggi merupakan penyakit yang diderita hampir 15 juta jiwa di Indonesia dan hanya 4 persen diantaranya yang dapat terkontrol. Darah tinggi merupakan penyakit yang diakibatkan tekanan darah diatas 140 mmHg per 90 mmHg. Gaya hidup, faktor lingkungan, obesitas, pola makan yang tidak terkontrol, kurang olah raga hingga stress menjadi pencetus awal mula penyakit ini. Di Era modern ini banyak sekali masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis dan mudah didapat dalam hal pengobatan. Maka saat ini selain obat-obatan yang telah diresepkan dokter, semakin banyak orang yang tertarik kepada pengobatan-pengobatan yang berasal dari alam. Mentimun salah satunya. Akhir-akhir ini mentimun memiliki daya tarik tersendiri yang kaitannya dengan darah tinggi.

doktersehat-hepatitis-puasa

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang memiliki resiko berbahaya apabila tidak terkontrol dengan baik. Oleh karena itu saran untuk pengecekan tekanan darah dua minggu sekali penting untuk diperhatikan. Belum lagi pada orang-orang yang beresiko tinggi untuk menderita komplikasi penyakit darah tinggi seperti penderita stroke, penyakit jantung koroner dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan pembuluh darah harus lebih sering untuk mengecek tekanan darahnya. Karena besarnya resiko yang ditimbulkan maka penyakit ini harus terkontrol dengan baik terutama dengan mengurangi makanan yang asin, menghindari stress ataupun berolah raga.

Memtimun sendiri sudah lama dikenal orang banyak sebagai lalapan ataupun disebagaian daerah di Indonesia telah memanfaatkan mentimun menjadi jus. Mentimun sendiri beberapa tahun terakhir diyakini dapat menurunkan tekanan darah ataupun dapat menstabilkan tekananan darah di level yang normal. Manfaat mentimun ini dirasa sangat benar karena mentimun mengandung mineral berupa potassium, magnesium dan pospor yang bersifat meningkatkan pembuangan urin dengan kandungan air yang tinggi sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Pottasium banyak terkandung dalam buah dan sayuran dan sangat baik dikonsumsi bagi orang yang memiliki darah tinggi. Penelitian yang pernah dilakukan di Jawa Timur dengan sampel masyarakat berusia 40-50 tahun yang memiliki tekanan darah tinggi menunjukkan jus mentimun sebanyak 250 cc yang diminum selama 3 hari rata-rata sampelnya menunjukkan penurunan tekanan darah .