Manfaat Mengkonsumsi Pisang Merah Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika ada banyak sekali jenis pisang yang bisa tumbuh di Indonesia dengan variasi warna, bentuk, hingga ukuran? Salah satu dari jenis pisang di Indonesia yang nikmat dikonsumsi adalah pisang merah. Pisang ini memiliki warna kulit yang merah namun memiliki daging buah yang sama dengan pisang pada umumnya, yakni berwarna kuning. Yang menarik adalah, pisang ini diyakini memberikan banyak sekali kebaikan bagi kesehatan tubuh andai rutin dikonsumsi. Apa sajakah manfaat dari mengkonsumsi pisang merah ini?

doktersehat-pisang-merah

Sebagai sumber energi
Pakar kesehatan menyebutkan jika pisang merah ternyata kaya akan tiga jenis gula alami; glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Ketiga jenis gula alami ini ternyata membutuhkan waktu yang lama agar bisa dicerna oleh perut kita sehingga kita pun akan bisa merasakan rasa kenyang yang lama, selalu berenergi, namun tidak mudah memiliki keinginan konsumsi camilan tidak sehat yang tentu akan sangat baik bagi diet kita sehari-hari.

Sangat baik bagi saluran pencernaan
Sebagaimana buah pisang pada umumnya, pisang merah kaya akan serat sehingga akan sangat baik bagi saluran pencernaan. Konsumsi rutin pisang merah diyakini bisa mengatasi masalah perut kembung, mengatasi konstipasi dan meningkatkan proses pencernaan pada perut.

Membuat sistem ketahanan tubuh meningkat
Pisang merah ternyata kaya akan kandungan vitamin C dan beta-karoten, antioksidan yang sangat baik untuk memperukat sistem ketahanan tubuh. Alhasil, tubuh kita akan lebih baik dalam melawan bakteri, virus, hingga mikroorganisme yang bisa membuat kita jatuh sakit.

Sangat baik bagi penglihatan
Pisang merah ternyata kaya akan vitamin A yang tentu akan menyehatkan mata kita.

Mengatasi masalah anemia
Pisang merah juga kaya akan kandungan vitamin B6 sehingga tubuh pun tidak akan kekurangan zat besi yang bisa memproduksi hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.