Manfaat Mengkonsumsi Mentega

Doktersehat.com – Mentega merupakan bahan makanan yang digunakan untuk pelengkap makanan, mentega sering kita temui di berbagai banyak makanan junk food. Banyak orang menganggap bahwa mentega hanyalah pemicu kegemukkan yang terdapat pada junkfood karena mengandung lemak yang tinggi tetapi walaupun begitu mentega bukanlah makanan yang dapat membuat tubuh menjadi berlemak.



Berikut adalah beberapa manfaat jika mengkonsumsi mentega:

1. Sumber Antioksidan
Mentega kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, mengkonsumsi mentega juga dapat mencegah melemahnya arteri dan saraf. Kehadiran mentega juga diyakini dapat membangun sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih kuat.

2. Kaya Akan Vitamin K
Manfaat mentega selanjutnya yaitu dapat mengobati masalah seperti osteoporosis dan arthritis karena mentega mengandung vitamin K. Di sisi lain, mentega juga berkhasiat mengatasi nyeri sendi pada wanita serta memperkuat otot.

3. Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah, Serta Melawan Kanker
Mentega mengandung vitamin A, vitamin E, selenium yang berperan sebagai antioksidan sehingga membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker juga mengganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah. Senyawa lecithin yang terdapat pada mentega juga membantu metabolisme kolesterol dan jenis lemak lainnya. Hal ini dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.

4. Mencegah Infeksi Jamur
Mentega kaya akan asam laurat yang berfungsi untuk mencegah infeksi jamur pada tubuh. Selain itu, makanan ini juga berguna untuk mencegah terhadap infeksi seperti kurap.

5. Menyehatkan Mata
Manfaat mentega berikutnya yaitu dapat menyehatkan mata karena kaya akan vitamin A. Di samping itu, mengkonsumsi mentega juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tiroid dan mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon.

Baca Juga:  Manfaat Minum Air Es Setelah Makan

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Asam lemak yang ada di dalam mentega, penting untuk menjaga kesehatan fungsi pencernaan karena melindungi dari infeksi saluran pencernaa, terutama pada anak-anak dan lansia.

7. Baik Untuk Pertumbuhan & Perkembangan
Hal ini dikarenakan lemak dan kolesterol yang ada didalam mentega dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Sehingga konsumsi mentega juga diperlukan untuk membantu melengkapi gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

8. Mencegah berbagai jenis penyakit
Lemak jenuh dalam mentega dipercaya dapat membantu untuk mencegah pembekuan dan tumor. Oleh karena itu mulailah untuk mengkonsumsi mentega tetapi ingat jangan mengkonsumsi mentega dalam jumlah yang berlebihan. Jika anda mengkonsumsi mentega dalam jumlah yang tepat, tentu anda akan mendapatkan manfaatnya.