Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih

DokterSehat.Com – Meskipun termasuk dalam sejenis bumbu yang hampir tidak bisa dilepaskan dari sebagian besar masakan tanah air mengingat kemampuannya dalam menambah cita rasa, bawang putih kerap kali dianggap sebagai bahan makanan yang cukup berbau tajam. Tahukah anda, dibalik khasiatnya dalam membuat makanan menjadi semakin enak, bawang putih ternyata juga memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Banyak pakar kesehatan yang menyebutkan jika konsumsi bawang putih bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi, gangguan pencernaan, atau bahkan diabetes. Sebenarnya, apa sajakah manfaat dari mengkonsumsi bawang putih?

doktersehat-manfaat-bawang-putih

Bawang putih ternyata kaya akan kandungan zat besi, kalsium, dan juga yodium. Bawang putih yang beraroma tajam ternyata juga memiliki sifat antioksidan yang bisa melawan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit. Dengan rutin mengkonsumsi bawang putih, kita bisa menyehatkan tulang kita. Bagi kaum wanita yang cukup rentan terkena osteoporosis di hari tua nanti karena penurunan hormon estrogen, kini bisa mulai mengkonsumsi bawang putih secara rutin yang akan menguatkan kepadatan tulang.

Selain kesehatan tulang, kesehatan organ jantung juga diyakini bisa dijaga dengan rutin mengkonsumsi bawang. Sifat alami bawang yang mampu melawan berbagai radikal bebas ternyata bisa membuat pembuluh darah tidak mudah terkena penyumbatan. Pembuluh darah arteri juga bisa dijaga keelastisitasannya sehingga kita pun bisa mencegah gangguan kesehatan pada jantung.

Beberapa penyakit saluran pernafasan layaknya asma atau radang tenggorokan juga diatasi dengan konsumsi bawang. Beberapa siung bawang mentah bisa dikonsumsi setiap hari untuk mengurangi serangan asma mengingat bawang putih ternyata kaya akan vitamin C yang bisa menetralisir berbagak radikal bebas yang bisa membuat masalah pada saluran pernafasan. Selain itu, sifat anti bakeri pada bawang putih juga bisa mengurangi infeksi pada tenggorokan dan juga bronkitis.

Baca Juga:  Kanker Serviks Juga Bisa Menyerang Wanita Muda

Sifat anti inflamasi pada bawang putih ternyata juga bisa membaut tubuh kita terbebas dari peradangan atau alergi. Jika kita terkena alergi karena gigitan serangga atau kulit terkena ruam-ruam yang gatal dan kemerahan, jangan ragu untuk segera meminum jus bawang putih untuk mengatasinya.